Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Halodoc, Jakarta - Puasa Ramadan adalah puasa yang dilakukan setiap tahun selama satu bulan lamanya. Ketika berpuasa, seseorang diwajibkan melakukannya dari subuh hingga senja. Hal-hal yang harus dijauhi adalah makanan atau air sepanjang hari, berhubungan intim, mengonsumsi obat-obatan, dan lain-lain.

Puasa adalah hal yang wajib bagi seseorang yang telah dewasa dan sehat. Selain itu, berpuasa juga dapat meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh. Berpuasa juga dapat meringankan penyakit ringan dan sedang, seperti diabetes yang tidak tergantung insulin, hipertensi esensial, menurunkan kadar gula darah, serta kolesterol.

Baca Juga : Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Berpuasa memang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan pada lambung. Pada seseorang yang memiliki masalah, seperti asam lambung, cobalah untuk menggunakan puasa sebagai salah satu cara untuk memulihkannya. Puasa Ramadan adalah momen yang tepat untuk meringankan gangguan yang terjadi pada salah satu organ di perut tersebut. Berikut adalah manfaat puasa terhadap lambung :

1. Menurunkan Sekresi Asam Lambung

Berpuasa saat bulan Ramadan dapat menurunkan sekresi asam lambung pada tubuh. Jika asam pada lambung menurun, risiko cairan tersebut menyebabkan luka pada dinding lambung juga akan menurun. Hal tersebut akan memberi dampak baik terhadap seseorang yang mengidap asam lambung dan membuatnya lebih sehat.

2. Mengurangi Gerakan pada Usus dan Lambung

Saat seseorang berpuasa, usus dan lambung akan mengurangi keaktifannya, karena tidak ada makanan yang dapat diolah selama berpuasa. Semakin sedikit pergerakan yang terjadi pada usus dan lambung, maka gesekan yang menyebabkan luka juga semakin sedikit. Dengan begitu, lapisan lambung pun akan menjadi lebih sehat.

3. Meredakan Stres

Berpuasa juga dapat menurunkan stres. Hal tersebut terjadi karena perut yang kosong, sehingga hanya memikirkan rasa lapar dan haus. Stres adalah salah satu hal yang memicu munculnya asam lambung pada tubuh seseorang.  Dengan berpuasa, asam lambung pun akan menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, kamu juga harus mengatur menu yang kamu konsumsi ketika berbuka. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika berbuka puasa adalah tidak makan secara berlebihan, menghindari kafein, dan cobalah untuk lebih memilih meminum air hangat ketika berbuka.

Baca Juga : 7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik saat Puasa

Manfaat Puasa untuk Bagian Tubuh Lain

Puasa juga dapat memberi efek positif terhadap kesejahteraan mental kamu. Selain itu, puasa dapat meningkatkan otak, bahkan lebih signifikan daripada yang mungkin kamu pikirkan. Disebutkan juga, puasa dapat berdampak baik pada fokus mental.

Hal tersebut meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel otak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Selain itu, pengurangan yang jelas dalam jumlah hormon kortisol, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadan.

Puasa juga dapat mengeluarkan zat-zat yang buruk pada tubuh atau detoksifikasi. Hal tersebut berdampak baik pada tubuh, karena membuat tubuh menjadi lebih bersih. Dengan kata lain, berpuasa dapat meningkatkan fungsi organ sekaligus meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh.

Baca Juga : 4 Masalah Kesehatan Umum saat Puasa

Itulah beberapa manfaat puasa pada kesehatan lambung. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal puasa di bulan Ramadan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!