11 June 2018

Puasa Sehat untuk Pengidap Maag

Puasa Sehat untuk Pengidap Maag

Halodoc, Jakarta – Maag atau sering disebut gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Apabila terjadi maag, maka timbul beberapa gejala seperti perasaan yang tidak enak pada bagian perut sebelah kiri. Selain itu rasa mual, kembung, bahkan nyeri juga kerap dirasakan dan gejala ini cukup mengganggu aktivitas penderitanya. Maag memang identik dengan pola makan yang tidak teratur atau sering terlambat makan, mengonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung naik, atau stres yang berlebihan.

(Baca juga: 6 Makanan Penyebab Maag yang Perlu Diketahui)

Nah, sebelum memutuskan untuk melakukan puasa atau tidak, sebaiknya pengidap maag menanyakan dulu kondisi kesehatannya kepada dokter, agar ibadah puasa tidak terganggu. Sebab, asam lambung akan meningkat setelah berpuasa selama satu hari dan kondisi tersebut dapat membuat penyakit maag kamu kambuh.

Namun bagi penderita maag, sebaiknya terapkan beberapa cara di bawah ini agar puasa kamu tetap berjalan dengan baik.

  1. Pada saat sahur, sebaiknya kamu memilih makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi agar kamu bisa merasakan kenyang lebih lama, sehingga perutmu tidak kosong terlalu cepat. Memilih makanan yang lambat untuk dicerna juga bisa menjadi menu pilihan kamu saat sahur. Kamu bisa mencoba daging sapi, sayuran, buah-buahan, dan makanan manis untuk sahur. Namun ingat, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang sulit dicerna ya, karena tentu akan memengaruhi kesehatan kamu.
  2. Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari menikmati makanan yang terlalu berat. Berbukalah dengan makanan yang memiliki manis alami seperti buah-buahan atau teh manis hangat terlebih dahulu. Sebab, jika langsung menikmati makanan yang berat, dikhawatirkan akan meningkatkan asam lambung, sehingga membuat penyakit maag kamu muncul. Ada baiknya berbuka dengan kurma. Selain bisa menjadi sumber energi, kurma juga bisa menyiapkan perut kita agar siap menerima asupan makanan yang lain.
  3. Hindari makan banyak saat berbuka puasa. Kamu bisa memakan sedikit tapi dengan jumlah yang lebih sering.
  4. Saat berbuka, kamu bisa mengonsumsi air putih terlebih dahulu untuk memenuhi asupan cairan pada tubuh kamu. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi jus buah, tapi pilihlah buah yang tidak terlalu asam seperti semangka atau melon.
  5. Hindari makanan asam atau pedas, karena makanan ini dapat meningkatkan risiko asam lambung kamu naik. Selain itu, setelah makan malam jangan langsung tidur. Ini juga dapat memicu asam lambung dan penyakit maag kamu dapat kambuh. Khususnya pada saat sahur disarankan kamu untuk tidak langsung kembali tidur setelah menikmati santap sahur.
  6. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda atau pun minuman lain yang mengandung kafein. Minuman yang dapat membuat asam lambung kamu kembali meningkat adalah kopi, susu full cream, atau minuman beralkohol.
  7. Hindari makanan yang digoreng dan memiliki lemak tinggi. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus daripada makanan yang digoreng.

(Baca juga: 4 Tips Cegah Maag Kambuh saat Puasa)

Kamu bisa bertanya dengan dokter ahli mengenai penyakit maag kamu agar ibadah puasa yang kamu jalani bisa berhasil dan tidak terganggu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!