• Home
  • /
  • Tiba-Tiba Vertigo, Ini Cara Cepat Mengatasinya

Tiba-Tiba Vertigo, Ini Cara Cepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tiba-Tiba Vertigo, Ini Cara Cepat Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Vertigo merupakan kondisi saat seseorang mengalami pusing, sampai sensasi rasa berputar. Intensitas keparahan dan waktu terjadinya gejala sendiri akan berbeda-beda pada masing-masing pengidap. Jika gejala cukup berat, maka pengidapnya bisa saja terjatuh. Berikut langkah mengatasi vertigo yang bisa dilakukan:

Baca juga: Wanita Lebih Berisiko Mengalami Vertigo

  • Melakukan Gerakan Epley

Gerakan Epley sangat mudah untuk dilakukan. Jika vertigo muncul dari sisi kiri kepala, kamu bisa duduk di pinggir kasus dan memutar kepala 45 derajat ke kiri. Tahan saat berada di sudut 45 derajat, kemudian berbaring dengan kepala menghadap kasur. Posisikan bantal di bawah bahu, ya!

Setelah itu, putar 90 derajat ke kanan tanpa mengangkat kepala, dan diamkan selama 30 detik. Setelah itu, duduk kembali secara perlahan selama beberapa menit. Jika vertigo muncul dari sisi kanan kepala, lakukan cara yang sama dengan arah sebaliknya.

  • Melakukan Gerakan Semont

Jika vertigo muncul dari sisi kiri kepala, cara mengatasi vertigo dengan gerakan Semont adalah dengan duduk di pinggir kasur, putar kepala 45 derajat ke arah kanan. Kemudian, berbaring ke arah sisi kiri dan tunggu selama 30 detik dan ubah posisi ke arah berlawanan, tapi jangan ubah posisi kepala.

Dengan posisi kepala yang sama, tunggu hingga 30 detik kemudian langsung arahkan pandangan ke lantai. Setelah itu, coba duduk kembali secara perlahan, dan tunggu selama beberapa menit. Jika vertigo muncul dari sisi kanan kepala, lakukan gerakan dari arah yang berlawanan. Kamu dapat melakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sehari.

  • Melakukan Gerakan Foster atau Half Somersault

Cara mengatasi vertigo dengan gerakan Foster atau Half Somersault yaitu dengan duduk berlutut dan tatap langit-langit selama beberapa detik. Kemudian ambil posisi sujud, tunggu selama 30 detik agar vertigo hilang. Lalu putar kepala ke arah sumber rasa sakit dan tunggu hingga 30 detik.

Langkah selanjutnya adalah mengatur kepala dalam posisi horizontal sejajar dengan punggung, dan jaga sudut kepala tatp 45 derajat. Setelah itu, angkat kepala hingga posisi teratas dan tetap jaga kepala menghadap ke arah sumber rasa sakit. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengulanginya beberapa kali.

Baca juga: Vertigo Sentral Vs Vertigo Perifer, Mana yang Lebih Gawat?

  • Konsumsi Cukup Air Putih

Selain untuk mengatasi vertigo yang dialami, mengonsumsi cukup air putih setiap hari merupakan hal yang wajib dilakukan. Cukup mengonsumsi air putih akan membantu cairan tubuh terpenuhi dengan baik, sehingga aliran darah ke otak tetap terjaga dengan baik. Vertigo muncul karena suplai oksigen dan makanan terhambat, karena aliran darah yang tersumbat.

  • Jangan Telat Sarapan

Banyak sekali orang yang sering menyepelekan sarapan, padahal manfaatnya untuk kesehatan sangat besar sekali. Sarapan merupakan langkah penting agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan energi untuk menjalani aktivitas seharian. Jika melewatkan kegiatan penting ini, tubuh akan lebih mudah lelah dan kehilangan energi. Dampaknya, tubuh akan rentan terkena vertigo.

  • Cukupi Kebutuhan Protein Tubuh

Cara mengatasi vertigo selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan protein harian tubuh. Untuk mendapatkan protein yang dibutuhkan tubuh, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti ayam, daging, serta kacang-kacangan guna membantu menjaga sel-sel tubuh, sekaligus memperbaiki sistem saraf yang rusak.

  • Melatih Fokus dan Konsentrasi

Cara mengatasi vertigo selanjutnya dapat dilakukan dengan memfokuskan tatapan pada satu objek di hadapan kamu. Jika berada di luar ruangan, fokuskan tatapan pada kendaraan yang berlalu lalang atau pepohonan di sekitar. Cara yang satu ini dapat membantu kamu mengatasi vertigo, agar terhindar dari pingsan.

  • Melakukan Latihan Fisik

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo adalah dengan melakukan latihan fisik. Latihan fisik dapat dilakukan secara rutin dengan melakukan gerakan-gerakan kecil pada kepala, sendi, atau bola mata untuk melatih saraf agar tidak mudah terserang vertigo. 

Baca juga: 4 Makanan Pantangan untuk Pengidap Vertigo

Jika sederet langkah tersebut tidak ampuh dalam mengatasi vertigo yang kamu alami, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menempuh jalan pengobatan, ya! Jangan sampai vertigo yang kamu alami mengganggu aktivitasmu. Atasi segera dengan langkah yang tepat, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Vertigo.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the home remedies for vertigo?
Everyday Health. Diakses pada 2020. Home Remedies and Alternative Treatments for Vertigo.