Tidak Perlu Lama, Bikin Tubuh Sehat Hanya Perlu 2 Jam

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Tidak Perlu Lama, Bikin Tubuh Sehat Hanya Perlu 2 Jam

Halodoc, Jakarta – Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah hal yang susah-susah gampang dilakukan. Tak jarang hal itu malah membuat seseorang menjadi abai dan tidak memperhatikan kondisi tubuh dengan benar. Padahal, menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh adalah hal yang penting dilakukan untuk mencegah serangan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. 

Selama ini, menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh identik dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga dan aktivitas fisik, hingga mengelola stres dengan baik. Hal-hal itu memang penting untuk dilakukan, tetapi tahukah kamu ternyata menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan hanya dalam waktu dua jam. Bagaimana caranya? 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

2 Jam untuk Kesehatan Tubuh 

Baru-baru ini sebuah penelitian menyebut bahwa hanya dibutuhkan waktu 2 jam dalam sepekan untuk menjaga kesehatan tubuh. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas dan menghabiskan waktu di alam terbuka dan menikmati alam terbuka. Bercengkrama dengan alam terbuka, seperti pantai, gunung, atau taman kota yang ditumbuhi pohon-pohon nyatanya bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

Melansir Scientific Reports, sebuah survei dilakukan pada orang dewasa di Inggris yang banyak menghabiskan waktu di alam terbuka, setidaknya sekali dalam sepekan. Hasilnya, orang yang meluangkan waktu setidaknya 2 jam berada di alam terbuka bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Selain itu, aktivitas ini juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Hal sebaliknya ternyata juga berlaku pada orang yang jarang bermain di alam terbuka. 

Melalui survei tersebut, diketahui orang yang jarang menghabiskan waktu di alam terbuka cenderung memiliki kondisi yang berbeda. Orang yang tidak pergi ke alam terbuka dalam satu pekan disebut memiliki tingkat kesehatan dan kebahagiaan yang sama, seperti orang yang tidak pernah pergi ke luar ruangan sama sekali. Kondisi tubuh dan suasana hati mereka pun mirip dengan orang yang jarang menikmati udara segar. 

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Pergi dan menghabiskan waktu di alam terbuka nyatanya bisa membantu seseorang menjadi lebih sehat dan bahagia. Meski disarankan untuk berada di alam terbuka selama 2 jam, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya lebih dari waktu tersebut. Semakin lama menghabiskan waktu di alam terbuka, nyatanya akan memberi manfaat yang lebih banyak terhadap kesehatan dan kebahagiaan tubuh. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas fisik di alam terbuka atau sekadar berjemur menikmati semilir angin. 

Selain bermain di alam terbuka, cara yang cukup populer untuk menjaga kesehatan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, cobalah untuk berlari. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukannya, yaitu dengan berlari secepat mungkin dan tanpa henti selama waktu tersebut. Bahkan, sebuah studi menyebut bahwa olahraga ini bisa memberi manfaat, seperti berlari santai selama 45 menit. 

Berlari selama lima sampai sepuluh menit disebut dapat memperpanjang hidup sampai beberapa tahun. Hal ini tentu jauh lebih baik dan menguntungkan dibanding dengan orang yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Namun, bukan berarti kamu tidak harus melakukan jenis olahraga yang lain. Kalau memiliki waktu yang lebih luang, cobalah untuk melakukan jenis kegiatan lain untuk menghindari rasa bosan yang bisa berujung dengan malas berolahraga. 

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan konsumsi vitamin tambahan. Lebih mudah beli vitamin atau suplemen melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Betches (Diakses pada 2019). Science Says You Only Have To Run 5 Minutes A Day To Be Healthy, So You Really Have No Excuse
Scientific Reports (Diakses pada 2019). Spending at least 120 minutes a week in nature is associated with good health and wellbeing