Cocok untuk Menu Diet, Ini 5 Manfaat Apel

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cocok untuk Menu Diet, Ini 5 Manfaat Apel

Halodoc, Jakarta – Setiap orang yang pasti mendambakan berat badan yang ideal. Berat badan ideal menandakan bahwa tubuh dalam keadaan sehat dan simbang. Namun, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan pola hidup yang tidak baik berisiko meningkatkan  berat badan secara drastis. Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan adalah PR berat. 

Baca Juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Nah, apel adalah buah yang populer dan sering dikonsumsi ketika seseorang menjalankan diet. Apel sudah dikenal manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Berikut manfaat-manfaat apel yang menjadikannya cocok dikonsumsi saat diet.

  1. Mengandung Banyak Air

Walaupun apel adalah buah yang ukurannya cenderung kecil, ternyata buah ini mengandung setidaknya 86% air. Buah yang mengandung tinggi air membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kecenderungan untuk ngemil atau makan dalam porsi besar. Selain kadar airnya yang tinggi, apel juga rendah kalori, sehingga tidak membuat tubuh semakin menggendut. 

  1. Tinggi Serat 

Satu buah apel berukuran sedang umumnya mengandung empat gram serat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi terkait dengan berat badan yang lebih rendah dan risiko obesitas yang berkurang secara signifikan. Konsumsi makanan berserat memperlambat pencernaan makanan dan membuat seseorang merasa lebih kenyang.

Serat juga meningkatkan kesehatan pencernaan, memberi makan bakteri di usus, dan membantu proses metabolisme, sehingga berat badan lebih terkendali. 

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

  1. Bikin Kenyang

Kombinasi air dan serat dalam apel membuat buah ini memberi perasaan kenyang ketika dikonsumsi. Selain itu, apel memakan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung serat. Efek mengenyangkan dari apel ini berfungsi untuk menurunkan berat badan.

  1. Bermanfaat untuk Kesehatan

Selain menurunkan berat badan, apel memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Apel dipercaya bisa mencegah demensia, mengurangi risiko stroke, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes dan lain-lain.

  1. Mengandung Banyak Nutrisi

Apel adalah buah yang hampir tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol. Tidak heran jika buah ini wajib dikonsumsi saat dalam program diet. Berikut nutrisi yang terkandung dalam apel:

  • Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat, sehingga mampu memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

  • Vitamin B kompleks, seperti riboflavin, tiamin, dan vitamin B-6 berfungsi menjaga kesehatan sel darah merah dan sistem saraf.

  • Serat makanan pada apel membantu mencegah perkembangan penyakit tertentu dan membantu mencegah peningkatan jumlah kolesterol jahat dalam darah.

  • Fitonutrien membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

  • Kalsium, kalium, dan fosfor meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga: 6 Jenis Buah untuk Diet ini Wajib Dikonsumsi saat Menurunkan Berat Badan

Kamu tidak perlu lagi meragukan manfaat apel untuk dikonsumsi selama program diet. Jika kamu ingin mengetahui seputar pola makan untuk menurunkan berat badan, segera hubungi ahli gizi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja!

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). Are Apples Weight-Loss-Friendly or Fattening?.
Medical News Today (Diakses pada 2019). Apples: Health benefits, facts, research.