• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Perlu Mahal, Ini 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Perlu Mahal, Ini 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Tidak Perlu Mahal, Ini 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Asupan makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan. Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil tidak harus mahal, melainkan dipilih berdasarkan jumlah kandungan nutrsinya.”

Tidak Perlu Mahal, Ini 5 Makanan Sehat untuk Ibu HamilTidak Perlu Mahal, Ini 5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah kondisi yang perlu perhatian lebih ekstra. Ibu mesti benar-benar menjaga kesehatannya, mulai dari makanan, aktivitas, hingga pola istirahat agar ibu dan janin tetap sehat. Memerhatikan asupan makanan sehat untuk ibu hamil juga sangat penting karena makanan yang masuk ke dalam perut ibu akan memengaruhi pertumbuhan janin.

Ibu harus memastikan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil bukan berdasar pada jumlah porsi dan tidak harus mahal, melainkan jumlah kandungan nutrisinya. Makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Terjangkau 

Mengatur kebutuhan nutrisi selama kehamilan memang dapat terasa seperti pekerjaan besar, tetapi memilih makanan yang tepat dapat membantu ibu memenuhi lebih banyak kebutuhan dasar, selain mengonsumsi vitamin prenatal. Jadi, berusahalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan jadikan sebagai menu harian.

Namun, banyak ibu hamil yang masih beranggapan bahwa makanan sehat selama kehamilan menghabiskan banyak uang. Padahal, ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang tidak perlu mahal yang dapat mencukupi nutrisi ibu dan janin. Simak daftarnya berikut ini.

1. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Daging sapi adalah pilihan yang tepat karena kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B, yang akan dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan. Namun, jika ibu ingin memilih yang lebih terjangkau, dada ayam tanpa lemak juga bisa menjadi pilihan sempurna.

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung kaya akan vitamin C. Ibu hamil sangat memnutuhkan asupan vitamin C, terutama selama trimester pertama kehamilan. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Untuk mencegah anemia, penting juga untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil memperbanyak asupan buah dan sayur setiap hari.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan beta karoten, yakni senyawa pada tanaman yang berubah menjadi vitamin A ketika di dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk perkembangan janin. Namun, ibu harus berhati-hati dengan sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan, seperti jeroan, yang dapat menyebabkan toksisitas dalam jumlah tinggi.

Untungnya, ubi jalar adalah sumber beta karoten dan serat nabati. Serat juga dapat membuat ibu kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga dapat membantu jika terjadi sembelit saat hamil.

4. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi terbaik yang hampir seluruhnya dibutuhkan oleh ibu hamil. Telur mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, serta banyak vitamin, dan mineral. Telur juga menjadi sumber kolin yang bagus yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan. 

Kolin dapat meningkatkan perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan otak serta tulang belakang. Satu telur utuh mengandung kira-kira 147 miligram kolin. Ini dapat memenuhi sebagian asupan kolin yang direkomendasikan untuk ibu hamil, yaitu 450 mg per hari.

5. Biji-Bijian Utuh

Tidak seperti biji olahan, biji-bijian utuh mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan senyawa nabati. Lebih baik mengonsumsi oat, quinoa, nasi merah, beri gandum, dan barley daripada roti putih, pasta, dan nasi putih. 

Beberapa biji-bijian utuh, seperti oat dan quinoa, juga mengandung cukup banyak protein. Makanan ini juga membantu memenuhi beberapa nutrisi yang seringkali kurang pada ibu hamil, seperti vitamin B, serat, dan magnesium.

Itulah penjelasan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang lebih terjangkau. Apabila ibu perlu pemeriksaan medis, cobalah berkonsultasi ke dokter. Ibu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.
What to Expect. Diakses pada 2022. 18 Best Foods to Eat During Pregnancy.