• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidur Berkualitas dengan Bantuan Gadget, Bisakah?

Tidur Berkualitas dengan Bantuan Gadget, Bisakah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tidur Berkualitas dengan Bantuan Gadget, Bisakah?

Halodoc, Jakarta – Mendapatkan tidur yang berkualitas bukan hal yang gampang. Terlebih jika kamu memiliki masalah tidur atau yang kerap disebut dengan insomnia. Padahal, tidur menjadi salah satu aktivitas penting, karena tubuh memerlukan istirahat untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Namun, bisa juga kamu merasa waktu tidur sudah cukup, tetapi esoknya tubuh masih terasa lelah. Itu artinya tidur kamu tidak berkualitas.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama delapan jam setiap harinya. Ini menjadi masalah yang serius saat kamu tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, seiring pesatnya perkembangan teknologi, kabarnya kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas dengan bantuan gadget. Benarkah demikian? Lalu, bagaimana peran gadget dalam membuat tidur lebih berkualitas?

Ciptakan Tidur Berkualitas dengan Bantuan Gadget

Hadirnya sistem Android dan iOS pada ponsel tentu membuat mobilitas kamu semakin mudah. Ingin melakukan sesuatu hal, kamu cukup menekan salah satu aplikasi yang cocok di ponsel. Termasuk dalam hal tidur. Ternyata, kini telah hadir pula berbagai aplikasi untuk membuat tidur kamu lebih berkualitas. Apa saja?

Sleep Better

Sleep Better dilengkapi dengan sebuah sensor yang mampu menentukan kualitas tidur kamu setiap jam. Bahkan, aplikasi ini pun tahu mengapa kamu tidak mendapatkan tidur yang baik, lho! Seakan belum cukup, Sleep Better juga mencatat semua aktivitas yang kamu lakukan setiap hari, termasuk makanan dan minuman apa saja yang kamu konsumsi.

(Baca juga: Tips Mengatasi Kurang Tidur)

Dari data tersebut, aplikasi ini bisa mengetahui penyebab mengapa kamu tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Nah, kalau kamu merasa sedang stres, aplikasi ini juga memiliki fitur buku harian virtual yang bisa kamu pakai untuk menuliskan segala masalah yang membuat kamu stres.

Sleep Cycle Alarm Clock

Memanfaatkan fitur alarm pada ponsel untuk membangunkan kita dari tidur malam sudah menjadi hal yang biasa. Namun, ada sebuah aplikasi alarm yang bisa membuat tidur kamu lebih berkualitas. Namanya Sleep Cycle Alarm Clock. Saat menggunakannya, coba letakkan ponsel di meja atau sisi tempat tidur yang dekat dengan kepala kamu. Nantinya, aplikasi ini akan menangkap suara yang kamu hasilkan ketika terlelap.

Melalui suara tadi, Sleep Cycle Alarm Clock bisa menentukan tahap tidur kamu, mulai dari light sleep hingga tahap tidur yang membuat kamu bermimpi atau Rapid Eye Movement (REM). Ketika pagi menjelang, aplikasi ini akan membangunkan kamu tanpa membuat kamu terkejut dengan suaranya. Menarik, ya?

Power Nap

Tidur berkualitas dengan bantuan gadget bisa kamu dapatkan dengan mengunduh aplikasi satu ini. Power Nap memiliki berbagai koleksi suara-suara bernada lembut yang mampu merelaksasi pikiran kamu, sehingga tidur kamu pun akan lebih nyenyak. Aplikasi ini juga memiliki alarm dengan berbagai pilihan nada yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan tidur kamu.

Misalnya, kamu ingin tidur siang saat jam istirahat selama 15 menit. Ubah saja pengaturan aplikasi ini pada bagian timer. Meski hanya 15 menit, kamu tetap bisa terlelap bagaikan tidur malam dengan alunan lagu yang menenangkan.

(Baca juga: Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak)

Ternyata, kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas dengan bantuan gadget dengan mengunduh berbagai aplikasi tadi. Gawai tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, perangkat elektronik ini pun bisa membuat tidur kamu lebih berkualitas. Bahkan, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter, membeli obat atau vitamin serta melakukan cek lab hanya dengan ponsel, lho!

Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc di ponsel kamu. Aplikasi Halodoc memiliki tiga layanan yang akan memudahkan kamu dalam menemukan solusi untuk semua masalah kesehatan, beli obat hingga cek lab. Sehat tidak harus mahal, bukan?