• Home
  • /
  • Tindakan Medis yang Tepat untuk Mengatasi Polip Hidung

Tindakan Medis yang Tepat untuk Mengatasi Polip Hidung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tindakan Medis yang Tepat untuk Mengatasi Polip Hidung

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengalami gangguan polip hidung, perlu kamu ketahui bahwa gangguan ini tidak dapat diobati dengan obat-obatan. Semprotan hidung dan pil kortikosteroid merupakan obat yang paling sering digunakan untuk mengobati polip hidung. Antibiotik dapat diresepkan jika pengidap memiliki infeksi sinus yang disebabkan oleh bakteri. 

Apabila kondisi polip hidung semakin memburuk, pengidap mungkin perlu dioperasi. Jenis operasi tergantung pada seberapa parah polip yang dialami. Pembedahan sinus endoskopi adalah prosedur yang paling umum dilakukan untuk polip hidung. Pada operasi ini, ahli bedah menggunakan endoskop (tabung tipis kecil dengan cahaya dan kamar video), bersama dengan instrumen kedokteran lainnya untuk memeriksa bagian dalam hidung, menghilangkan polip hidung, dan membuka rongga sinus untuk drainase yang tepat. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

Tindakan Penanganan Polip Hidung

Polip hidup merupakan kondisi yang menantang untuk ditangani sepenuhnya. Tujuan tindakan pengobatan polip hidung adalah untuk mengurangi ukurannya atau menghilangkannya. Obat-obatan biasanya merupakan pendekatan pertama. Sementara pembedahan terkadang diperlukan, tetapi mungkin tidak memberikan solusi permanen karena polip cenderung akan kambuh. 

  1. Obat-Obatan

Perawatan polip hidung umumnya dimulai dengan obat-obatan yang dapat membuat polip besar menyusut atau menghilang. Perawatan obat dapat meliputi:

  • Kortikosteroid Hidung

Dokter mungkin akan meresepkan semprotan hidung kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi. Perawatan ini dapat mengecilkan polip atau menghilangkan sepenuhnya.

  • Kortikosteroid Oral dan Injeksi

Jika kortikosteroid hidung tidak efektif, dokter mungkin meresepkan kortikosteroid oral, seperti prednison, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan semprotan hidung. Karena kortikosteroid oral dapat menyebabkan efek samping yang serius, kamu dapat menggunakannya hanya dalam jangka waktu terbatas. Kortikosteroid injeksi dapat digunakan jika polip hidung parah. 

  • Obat Dupilumab

Jika kamu mengalami polip hidung dan sinusitis kronis, dokter mungkin akan memberi kamu suntikan obat yang disebut dupilumab untuk mengobati kondisi ini. Obat ini dapat mengurangi ukuran polip hidung dan mengurangi kemacetan. 

Baca juga: Berbahayakah Polip Hidung yang Tidak Diobati?

  • Desensitisasi Aspirin

Obat ini dapat menguntungkan beberapa pengidap dengan polip hidung dan sensitivitas aspirin. Perawatan ini melibatkan secara bertahap meningkatkan jumlah aspirin yang kamu ambil saat berada di bawah perawatan dokter untuk membantu tubuh mentolerir penggunaan aspirin jangka panjang. 

2. Operasi Sinus Endoskopi

Jika tindakan perawatan tidak juga membuat ukuran polip hidung menyusut atau hilang, kamu mungkin perlu mendapatkan pembedahan endoskopi untuk menghilangkan polip. Selain itu, tindakan ini juga dilakukan untuk memperbaiki masalah dengan sinus yang membuatnya rentan terhadap peradangan dan pengembangan polip.  

Dalam operasi endoskopi, dokter bedah memasukkan tabung kecil dengan lensa pembesar yang terang atau kamera kecil (endoskop) ke dalam lubang hidup dan mengarahkannya ke rongga sinus. Dokter menggunakan instrumen kecil untuk menghilangkan polip dan zat lain yang menghalangi aliran cairan dari sinus. 

Setelah operasi dilakukan, kamu mungkin akan menggunakan semprotan kortikosteroid hidung untuk membantu mencegah kambuhnya polip hidung. Dokter juga mungkin merekomendasikan penggunaan pembilasan air asin (saline) untuk meningkatkan penyembuhan setelah operasi. 

3. Perawatan Setelah Tindakan Pengobatan

Setelah melakukan tindakan pengobatan, pengidap polip hidup masih harus melakukan perawatan setelahnya. Peran obat-obatan biologis, termasuk obat-obatan yang mengobati asma parah, dalam membantu mengurangu polip hidung dan meredakan gejala. Obat biologis bekerja dengan menargetkan sel atau protein tertentu untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan. Penelitian awal menunjukkan bahwa obat-obatan dapat menjadi pilihan bagi orang-orang yang polip di hidungnya tidak menanggapi kortikosteroid atau pembedahan. 

Baca juga: Pengobatan untuk Atasi Polip Hidung pada Anak

Itulah tindakan penanganan polip hidung yang dapat kamu lakukan. Untuk mengetahui tindakan mana yang paling tepat untuk polip yang sedang kamu alami, sebaiknya tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Kini bertanya pada dokter mengenai kesehatan lebih mudah kapan dan di mana saja hanya dalam satu aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Nasal Polyps. 
NCBI. Diakses pada 2020. Nasal polyps: medical or surgical management?