4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

4 Cara Mencegah Polip Hidung yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Polip adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang dapat terjadi pada bagian tubuh. Jaringan yang tumbuh pada bagian tubuh tumbuh berkelompok atau tunggal. Tidak hanya pada usus, polip dapat tumbuh pada hidung dan dikenal dengan polip hidung.

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan lunak yang tidak menyakitkan dan tidak bersifat kanker. Gejala yang dialami oleh pengidap polip hidung adalah hidung yang terasa tersumbat sehingga mengalami kesulitan pernapasan, produksi lendir yang berlebihan dari hidung, penurunan indera penciuman, nyeri pada bagian wajah, rasa gatal di sekitar mata, gangguan penglihatan dan sleep apnea.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Operasi Polip Hidung

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami polip hidung, di antaranya adalah:

1. Sinusitis Alergi Jamur. Kondisi ini disebabkan karena adanya alergi jamur yang penyebarannya melalui udara.

2. Asma. Seseorang yang mengalami asma berisiko mengalami polip hidung. Kondisi asma nyatanya dapat menyebabkan inflamasi dan penyempitan pada saluran udara.

3. Alergi Rinitis. Alergi terhadap beberapa material seperti debu atau bulu binatang menjadi penyebab polip hidung. Polip hidung yang disebabkan kondisi ini menimbulkan gejala seperti pilek.

4. Fibrosis Kistik. Kondisi ketika tubuh mengalami kelainan genetika sehingga menghasilkan cairan kental dan berlebihan pada sistem pernapasan dan pencernaan.

Baca juga: Bahayakah Polip Hidung bagi Pernapasan

Polip hidung memiliki bentuk yang kecil dan cenderung tidak membahayakan. Namun yang perlu kamu waspadai, ketika polip pada hidung mengalami pertambahan ukuran seiring berjalannya waktu.

Kondisi ini mengganggu pernapasan jika dibiarkan. Ukuran polip yang bertumbuh menjadi besar akan membuat penyempitan pada hidung. Meskipun tidak berbahaya, melakukan pencegahan tentu akan lebih baik untuk dilakukan daripada mengobati. Berikut ini cara untuk pencegahan penyakit polip hidung, yaitu:

1. Jaga Kelembapan Ruangan

Sebaiknya jaga kelembapan ruangan. Gunakan alat untuk menjaga kelembapan atau humidifier di dalam rumah atau kamar untuk mencegah munculnya polip pada bagian hidung.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Polip hidung mudah menyerang orang-orang dengan daya imunitas yang rendah. Jaga dan tingkatkan daya tahan tubuh kamu dengan konsumsi makanan seperti jamur, buah semangka, kacang almond, dan sayur bayam.

3. Menjaga Kebersihan Tangan

Jangan malas untuk menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan. Kamu bisa menghindari polip hidung dengan menjaga kebersihan tangan kamu. Sebaiknya jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pada air yang mengalir dan menggunakan sabun antiseptik. Sebaiknya ketika tangan sedang kotor, jangan biasakan untuk memegang wajah maupun hidung.

4. Hindari Penyebab Alergi Hidung

Mencegah alergi pada hidung bisa kamu lakukan untuk mencegah kondisi polip pada hidung. Hindari penyebab alergi hidung seperti debu, asap rokok, bulu binatang atau asap kendaraan bermotor.

Namun jangan khawatir, polip hidung bisa disembuhkan dengan obat yang mengandung kortikosteroid. Banyak proses pengobatan yang bisa dilakukan dengan obat jenis ini. Polip hidung dapat dihilangkan atau dikurangi gejalanya dengan proses obat semprot, obat tetes, obat tablet atau bahkan suntikan yang mengandung kortikosteroid. Kandungan kortikosteroid dapat mengurangi gejala dan membantu memperkecil ukuran polip pada hidung.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Polip Hidung