08 July 2017

Tips, Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi

Tips, Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya tidak ada waktu khusus yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat agar kalori pada tubuh bisa terbakar dengan maksimal. Waktu berolahraga lebih berpengaruh kepada perasaan kamu ketika berolahraga. Beberapa orang merasa lebih bersemangat untuk berolahraga ketika dilakukan pada pagi hari karena udara yang masih segar. Penelitian mengatakan jika kamu berolahraga pada pagi hari, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Selain berolahraga, kita juga membutuhkan istirahat dan tidur yang berkualitas dan cukup (minimal 7-8 jam setiap harinya).

(Baca juga: Hindari Cedera, Lakukan Pemanasan Sebelum dan Sesudah Lari Berikut Ini)

Olahraga pada pagi hari juga  cukup efektif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga pada pagi hari sebelum sarapan akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak. Namun beberapa riset yang mengatakan bahwa olahraga pada sore hari paling baik. Olahraga pada malam hari tidak disarankan karena dapat menaikkan frekuensi denyut jantung dan suhu tubuh, sehingga dapat menurunkan kualitas tidur. Sebaiknya saat tidur, tubuh dalam kondisi tenang dan istirahat.

Yang terpenting bukan hanya menentukan waktu, namun menentukan jenis olahraga, lama olahraga, tempat dan sesuai tujuan kamu berolahraga. Pilihlah waktu dimana kamu dapat konsisten untuk rutin melakukan olahraga pada waktu tersebut, hal ini tergantung pada tujuan pribadi masing - masing, ketersediaan waktu atau jadwal sehari-hari, dan gaya hidup yang jadi penentu waktu yang pas untuk kamu berolahraga. Jika kamu hanya memiliki waktu berolahraga pada sore hari, maka berolahragalah pada sore hari. Olahraga yang dianjurkan adalah sebanyak 3 kali dalam seminggu selama minimal 30 menit setiap sesinya. Namun apakah kamu benar-benar mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut?

Tak salah jika lari pagi menjadi rutinitas penting setiap harinya. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, ada baiknya mempertimbangkan lari pagi sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. Seorang ahli menganggap, pagi hari merupakan saat yang tepat untuk berolahraga karena lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas tetap sebelum menjalankan rutinitas lain.

(Baca juga: 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan)

Rutin berolahraga di pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pada pagi hari juga sangat menguntungkan, karena tidak terganggu dan menganggu kesibukan sehari-hari. Lari pagi sebagai aktivitas fisik terstruktur sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.  Waktu yang pas untuk lari pagi adalah 04.00 – 05.59 pagi tetapi akan lebih efektif untuk lari pagi adalah pada pukul 06.00 – 09.00 pagi.

Selain waktu yang pas untuk lari pagi ada juga tips untuk memulai lari pagi, diantaranya adalah:

  • Konsumsi buah, jus atau yoghurt 30 menit sebelum memulai lari pagi. Hal ini penting berguna untuk menghindari rasa pusing atau rasa cepat lelah ketika berolahraga saat perut kosong.
  • Lakukan peregangan sebelum dan setelah lari pagi. Hal ini akan membantu agar tubuh lebih lentur dan mencegah cedera. Bungkukkan badan hingga tangan mencapai jari kaki atau putar kepala ke arah kanan dan kiri dan gerakan pendinginan lainnya.
  • Setelah selesai lari pagi, lakukan pendinginan selama beberapa menit. Tarik nafas dalam-dalam dan biarkan tubuh santai sekitar 1-2 menit. Lakukan ini sebelum mulai makan, mandi atau aktivitas lain.
  • Bagi yang pengidap tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memulai berolahraga. 

Bicarakan waktu yang pas untuk lari pagi dengan ribuan dokter umum ataupun spesialis yang telah stand by 24/7 mengenai jam atau waktu yang pas untuk lari pagi melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call secara cepat, aman dan nyaman. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store pada smartphone kamu sekarang juga untuk menggunakannya.
(Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini)