Ini Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa

ini-tips-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-saat-puasa-halodoc

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya masalah pencernaan yang kerap hadir saat puasa, masalah kesehatan gigi dan mulut juga seringkali menjadi keluhan banyak orang. Tidak mendapat asupan cairan selama belasan jam saat puasa bisa membuat bibir menjadi kering. Selain itu, mulut juga kerap mengeluarkan aroma tidak sedap, meskipun kamu sudah menyikat gigi sebelumnya. Belum lagi ada sariawan yang kerap muncul saat puasa.

Semua masalah kesehatan mulut ini tentunya akan membuat kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri selama menjalankan ibadah puasa. Enggak usah stres, berikut beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang bisa kamu coba.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

1. Menyikat Gigi dengan Benar

Bau mulut merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering terjadi saat puasa. Mungkin kamu bingung, kenapa bau mulut tetap muncul, padahal sudah menyikat gigi. Penyebabnya adalah karena pembakaran cadangan lemak yang terjadi di dalam tubuh. Saat lemak dibakar oleh metabolisme tubuh, keton akan terbentuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Selain karena pembakaran lemak, bau mulut juga bisa terjadi karena produksi air liur yang menurun. Karena tubuh kekurangan cairan, produksi air liur jadi menurun dan tidak bisa menetralkan asam di dalam mulut, sehingga aroma dari sisa makanan kerap keluar.

Untuk mengatasi bau mulut yang biasanya muncul pada siang hari, kamu disarankan untuk menggosok gigi minimal selama 2 menit dalam satu sesi. Selanjutnya, jangan lupa membersihkan lidah karena organ ini sering ditempeli sisa makanan saat buka dan sahur.

Sela-sela gigi yang kadang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi, perlu dibersihkan dengan menggunakan dental floss. Sebagai penutup, jangan lupa berkumur dengan obat kumur agar sisa kuman yang menempel bisa hilang.

Bau mulut pada siang hari mungkin disebabkan oleh keton yang dihasilkan tubuh. Namun, membersihkan gigi cukup mengurangi bau mulut hingga separuhnya.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik, seperti buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Dengan memenuhi asupan vitamin yang seimbang, berbagai macam masalah mulut, misalnya sariawan dan infeksi bisa dihindari, mulut menjadi lebih sehat, sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu penyebab bau mulut adalah karena kekurangan cairan. Kondisi ini menyebabkan produksi air liur yang berguna untuk menetralkan asam dalam mulut menurun dengan cukup drastis. Karena itu, kamu perlu minum air putih yang cukup untuk mengembalikan produksi air liur dalam mulut ke kondisi normal.

Kamu dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air setiap harinya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan saat puasa dengan menerapkan pola 2–4–2, yaitu dua gelas air saat berbuka, empat gelas setelah salat tarawih atau sebelum tidur, dan dua gelas lagi saat sahur.

Baca juga: Pentingnya Minum Air Putih Saat Puasa

4. Kurangi Kebiasaan Merokok

Bila kamu enggak mau mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut saat puasa, kurangilah kebiasaan merokok. Kalau biasanya kamu merokok 1–2 batang sehari, coba kurangi separuhnya. Bila kamu tidak tahan, coba makan permen mint atau sejenisnya untuk mengurangi keinginan merokok yang besar.

5. Hindari Jenis Makanan yang Berbau Menyengat

Hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti petai, jengkol, dan durian. Jenis makanan tersebut bisa memberikan efek bau yang lama di dalam mulut. Selain itu, masakan yang menggunakan terlalu banyak bawang juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada siang hari.

Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Kamu juga bisa membeli obat kumur lewat aplikasi Halodoc, lho. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.