21 December 2017

Uniknya Mitos & Fakta Persalinan Kedua

Uniknya Mitos & Fakta Persalinan Kedua

Halodoc, Jakarta – Bahagianya menjalani kehamilan tidak membuat ibu bisa mengabaikan rasa sakit ketika persalinan. Biar bagaimana pun, proses persalinan memiliki rasa sakit yang “khas” dan hanya bisa dirasakan wanita.

Pada kehamilan pertama, konon katanya rasa sakitnya akan luar biasa. Baik dari proses kontraksi hingga persalinan itu sendiri. Pada proses persalinan anak pertama, calon sulung ini memang sedang mencari “jalan lahir” keluar dari perut ibu. Jadi memang rasa sakit yang dirasakan ibu sangat luar biasa.
Karena adanya rasa sakit yang luar biasa ini terkadang membuat ibu trauma dan berpikir dua kali untuk mulai kembali hamil anak kedua. Nah, jangan buru-buru ogah hamil lagi. Ada mitos tentang persalinan kedua, dan tentu saja ada fakta yang lebih patut dipercaya. Agar tak salah, cari tahu dulu uniknya mitos dan fakta persalinan kedua berikut ini, ya!

Mitos: Persalinan kedua umumnya berlangsung lebih cepat dan mudah.
Fakta: Mitos ini benar karena leher rahim akan terbuka lebih lebih lebar saat melahirkan anak kedua. Panggul dan Miss V ibu jadi lebih lentur karena “jalan lahir” sudah ada. Sehingga Si Kecil lebih mudah keluar saat persalinan. Umumnya, pada proses persalinan yang pertama butuh waktu 12 hingga 14 jam sebelum pembukaan lengkap. Sedangkan pada persalinan kedua, proses pembukaan hingga Si Kecil lahir hanya butuh 8 jam saja. Ini karena tubuh sudah menyesuaikan diri sesuai pengalaman sebelumnya.

Mitos: Jika kehamilan terlalu dekat, bisa membuat ibu mengalami beban pikiran alias stres dan Si Kecil berpotensi lahir prematur.
Fakta: Mitos ini benar karena siklus hormon pada ibu belum kembali normal jadi wajar jika ibu jadi mudah stres. AKhirnya kondisi ini memicu ada kelahiran premature pada bayi. Tak hanya itu saja, Si Kecil pun berpotensi lahir dengan berat badan rendah. Jadi apabila berniat untuk segera kembali mengandung, maka sebaiknya menunggu antara 24 hingga 25 bulan setelah melahirkan anak pertama.

Mitos: Sekali Caesar maka tetap Caesar.
Fakta: Mitos ini salah karena bagi ibu yang sebelumnya melakukan persalinan dengan cara Caesar, masih bisa kok untuk melakukan persalinan normal untuk anak kedua. Namun perlu diingat bahwa untuk melahirkan secara normal di persalinan kedua, jarak paska kelahiran pertama adalah 18 bulan. Yang perlu diperhatikan adalah, jika kelahiran anak pertama dan kedua sudah secara Caesar, maka kelahiran anak ketiga lebih berisiko jika dilakukan dengan cara persalinan normal. Dalam hal ini,

Mitos: Hamil anak kedua? Siapa takut?
Fakta: Mitos ini tidak selalu benar karena ibu biasanya rasa takut yang dirasakan ibu ini bergantung pada pengalaman pada persalinan pertama. Tentu saja berbeda-beda efeknya pada masing-masing ibu. Ada yang justru lebih berani menghadapi persalinan berikutnya. Ada pula yang takut dan enggan. Meski demikian, bukan berarti jadi berhalangan menjalani kehamilan kedua. Oleh karenanya penting untuk bicara dengan dokter mengenai rasa takut ini, agar kondisi kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Segera hubung dokter untuk membicarakan masalah kesehatan yang dialami. Jangan ragu untuk langsung pergi ke rumah sakit terdekat atau gunakan aplikasi Halodoc sebagai pertolongan pertama untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain dapat bicara dengan dokter, Halodoc juga menyediakan layanan antar obat ke rumah jadi ibu bisa membeli kebutuhan medis yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.