01 December 2017

Variasi Gerakan Plank untuk Perut Rata

Variasi Gerakan Plank untuk Perut Rata

Halodoc, Jakarta – Ingin meratakan perut yang buncit? Selain sit up, gerakan plank juga ampuh lho bikin perut jadi lebih kecil. Olahraga ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Bila dilakukan secara teratur, maka otot-otot perut kamu akan lebih kencang sehingga perut pun secara otomatis menjadi lebih rata. Kamu bisa coba lakukan berbagai variasi gerakan plank ini di rumah, lho!

Plank dikenal ampuh untuk mengecilkan perut karena gerakannnya dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar perut, sekaligus memperkuat seluruh bagian tubuh. Untuk mendapatkan perut yang rata, kamu perlu melakukan latihan plank ini secara rutin selama 20 detik sampai 5 menit selama 28 hari. Selama ini banyak orang hanya mengenal gerakan elbow plank, yaitu seperti posisi push up, tapi berat tubuh ditahan dengan menggunakan kedua siku yang ditekuk di atas lantai serta bagian bawah tubuh juga dinaikkan ke atas dengan menjinjit kaki. Namun, selain elbow plank, gerakan ini juga memiliki berbagai macam variasi lainnya yang juga dapat melatih otot perut, di antaranya adalah:

1. Single Arm Plank

Gerakan plank dengan satu tangan ini adalah gerakan lanjutan dari plank depan. Caranya sangat mudah, yaitu awali dengan melakukan posisi elbow plank, lalu angat satu tangan ke atas. Tahan selama beberapa menit, lalu ganti tangan yang diangkat dengan tangan yang lainnya. Tips agar kamu tetap dapat seimbang adalah geser tangan yang digunakan sebagai tumpuan agak sedikit ke tengah.

2. Single Leg Plank

Jika pada gerakan single arm plank, kamu melakukan plank dengan mengangkat satu tangan ke atas, pada gerakan single leg plank, kamu melakukan plank dengan mengangkat satu kakimu ke atas. Pertama-tama, lakukan gerakan elbow plank atau kamu juga bisa melakukan posisi push up biasa, lalu angkat kaki kananmu dulu ke atas dan tahan selama beberapa menit. Kemudian ganti dengan mengangkat kaki kiri ke atas. Gerakan ini juga dapat dipadukan dengan single arm plank. Jadi, kamu mengangkat satu kaki dan satu tangan yang berlawanan (angkat tangan kanan dan kaki kiri) ke atas.

3. Side Plank

Seperti namanya, posisi plank ini menghadap ke samping dengan telapak kaki dan siku sebagai tumpuan. Tujuannya adalah untuk membentuk perut bagian samping. Cara melakukan gerakan side plank adalah pertama-tama berbaringlah ke samping, lalu secara perlahan-lahan angkat tubuhmu dengan menggunakan siku dan telapak kaki bagian samping sebagai tumpuan. Kamu juga bisa meningkatkan kesulitan dengan mengangkat satu tangan atau kaki yang tidak digunakan sebagai tumpuan.

4. Reverse Plank

Gerakan ini adalah kebalikan dari posisi push up. Jika pada posisi push up, tubuh menghadap ke bawah, pada posisi reverse plank, posisi tubuh menghadap ke atas. Cara melakukan reverse plank adalah pertama-tama berbaringlah telentang, lalu angkat tubuh secara perlahan ke atas dengan menggunakan telapak tangan  dan telapak kaki sebagai tumpuan.

5. Knee Tuck Plank

Untuk melakukan gerakan knee tuck plank, pertama-tama posisikan tubuh seperti posisi push up, lalu tekuk satu lutut ke arah depan mendekati perut, tahan selama beberapa detik, lalu ganti dengan lutut yang lainnya. Kamu juga bisa melakukan gerakan menaikkan lutut ini secara cepat untuk dapat membantu membakar lemak.

Latihan otot perut dengan melakukan plank juga harus dikombinasikan dengan menjaga pola makan yang sehat, agar kamu bisa mendapatkan bentuk perut yang langsing. Jika kamu ingin bertanya seputar diet dan olahraga, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan ragu untuk meminta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.