Tips Sit Up untuk Mengencangkan Perut

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tips Sit Up untuk Mengencangkan Perut

Halodoc, Jakarta – Tubuh yang proporsional pastinya menjadi idaman banyak orang. Memiliki perut buncit dapat menurunkan rasa percaya diri bagi pria maupun wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit yang mengganggu. Salah satunya adalah melakukan gerakan sit up untuk mengencangkan otot perut.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Orang Kurus yang Ingin Gemuk

Sit up membantu untuk mendapatkan perut dengan bentuk yang ideal karena otot-otot perut yang dibentuk menjadi lebih kencang. Kondisi ini akhirnya membuat kamu tidak lagi memiliki perut yang buncit. Yuk, ketahui fakta seputar sit up dan otot perut yang kencang!

Ketahui Manfaat Sit Up Bagi Tubuh

Sit up menjadi kegiatan fisik yang dapat membuat beberapa otot pada bagian tubuh menjadi lebih kencang, salah satunya otot perut. Tidak hanya otot perut, rutin sit up dapat membuat otot bagian leher, panggul, pinggang, dan dada menjadi lebih kencang.

Tidak hanya itu, melakukan sit up secara rutin dan teratur membantu untuk membakar kalori. Kondisi ini baik dilakukan jika kamu menginginkan memiliki berat badan yang ideal. Otot panggul, pinggang, dan perut yang semakin kencang tentu menjadi lebih kuat pula. Kondisi ini membantu untuk memperbaiki keseimbangan tubuh ketika kamu beraktivitas. Tidak hanya memperbaiki keseimbangan tubuh, gerakan sit up juga membantu untuk memperbaiki postur tubuh.

Sit up juga memperindah bentuk perut, asalkan kamu dengan melakukan gerakan yang tepat. Selain merasakan manfaat yang optimal, tepat melakukan gerakan sit up menghindarkan kamu dari risiko kerusakan otot pada tubuh.

Baca juga: Bentuk Otot Tubuh dengan Olahraga Kalistenik

Mulailah sit up dengan posisi berbaring terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan gerakan menekuk lutut namun usahakan telapak kaki tetap menempel pada lantai. Letakkan tangan menyilang pada dada. Lalu, perlahan angkat badan menuju lutut sambil menghembuskan napas. Kemudian, posisikan tubuh kembali berbaring sambal menarik napas secara perlahan.

Perhatikan jika kamu pernah mengalami cedera leher atau punggung bawah, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu pada dokter mengenai kondisi kesehatan sebelum melakukan kegiatan sit up untuk hindari risiko cedera. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kegiatan sit up yang baik untuk hasil yang optimal.

Ketahui Latihan Otot Perut agar Perut Ramping

Tidak hanya melakukan gerakan sit up, kamu bisa lakukan gerakan lain untuk memperkuat otot perut sehingga kencang dan kamu mendapatkan perut yang ramping, di antaranya:

1. Pilates

Pilates menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengencangkan otot bagian perut. Olahraga ini memiliki beberapa gerakan yang membantu untuk kencangkan otot pada bagian perut. Selain itu, pilates menjadi kegiatan yang rendah risiko cederanya jika kamu melakukan gerakan pilates sesuai dengan tepat.

2. Plank Pose

Gerakan sederhana ini dapat dirasakan manfaatnya yang besar pada otot perut. Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan plank pose, agar kamu dapat memiliki perut ramping yang kamu inginkan.

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Bersama Pasangan

Tidak hanya rutin lakukan olahraga, asupan makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi kondisi perut. Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang mengandung asupan sehat bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, dan lemak tidak jenuh. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah untuk mendapatkan fisik yang sehat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Sit ups VS Crunches
Healthline. Diakses pada 2019. Best Core Exercises