• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Viral Gerakan Yoga Alien, Apakah Aman Dilakukan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Viral Gerakan Yoga Alien, Apakah Aman Dilakukan?

Viral Gerakan Yoga Alien, Apakah Aman Dilakukan?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 September 2022

“Nauli kriya, salah satu gerakan yoga kembali viral di media sosial. Benarkah gerakan yang disebut dengan yoga alien tersebut aman dilakukan?”

Viral Gerakan Yoga Alien, Apakah Aman Dilakukan?Viral Gerakan Yoga Alien, Apakah Aman Dilakukan?

Halodoc, Jakarta – Penggemar yoga mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai gerakan yoga, salah satunya adalah gerakan yoga nauli kriya atau lebih akrab disebut sebagai yoga alien. 

Gerakan yoga satu ini melibatkan gerakan yang mengisolasi otot di daerah perut dan dikempiskan sampai masuk di dalam tulang rusuk, lalu digerakkan ke arah kanan dan kiri. Beberapa pelatih yoga mengklaim bahwa gerakan yoga satu ini membantu pencernaan dan membantu memperkuat otot inti.

Terlepas dari manfaatnya untuk tubuh, muncul pertanyaan terkait gerakan yoga alien tersebut, “apakah aman dilakukan?”

Amankah Melakukan Gerakan Yoga Alien?

Latihan ini disebut oleh beberapa orang sebagai gerakan “yoga alien” karena bentuk-bentuk yang dihasilkan oleh perut yang dihisap dengan tajam saat melakukan gerakan. Sebenarnya, gerakan yang disebut dengan nauli ini masuk dalam teknik toga gaya hatha.

Bagi orang yang baru pertama kali melakukannya, sebenarnya gerakan ini bisa terbilang agak sulit. Scott Blossom, seorang pelatih yoga dan akupuntur dari wilayah Bay Area, Amerika Serikat, menyebutkan gerakan ini sebagai bentuk isolasi pada bagian otot perut, sehingga memunculkan efek berputar pada bagian tubuh tersebut. 

Sementara itu, Megan Spencer King yang turut berprofesi sebagai pelatih yoga mengatakan, bahwa gerakan yang mirip dengan ombak pada bagian perut ini, bermanfaat untuk membantu menaikkan peredaran darah pada organ dalam sekaligus menyehatkan saluran pencernaan. 

Baik Scot maupun Megan setuju bahwa gerakan yoga alien atau nauli kriya ini punya manfaat penting untuk meningkatkan peredaran energi pada tubuh. Mereka pun percaya bahwa gerakan ini terbilang aman dilakukan. 

Instruktur yoga lain, Raquelle Gracie juga menyebutkan, nauli kriya menjadi gerakan yang dilakukan untuk membantu mengendalikan otot bagian perut dan melakukan pijatan pada organ dalam. Tujuannya yaitu mengoptimalkan kerja saluran cerna, menguatkan organ hati, dan meredakan sembelit.

Lebih lanjut, Gracie menambahkan kalau gerakan yoga alien ini memang ditujukan untuk membersihkan tubuh, sehingga membangun kembali kesadaran diri. 

Jangan Dilakukan Secara Asal

Meski dibilang aman dari para pelatih yoga, sebaiknya kamu tidak melakukan gerakan ini secara asal, dan tanpa pendampingan atau instruksi dari pelatih yang lebih berpengalaman. 

Selain itu, Gracie juga tidak menyarankan pada pengidap gangguan jantung untuk melakukan gerakan nauli kriya ini. Sebab, gerakan tersebut dapat membuat detak jantung meningkat. Jadi, sekali lagi, pastikan untuk melakukannya dengan pendampingan instruktur. 

Selain pengidap masalah jantung, gerakan ini juga cukup berisiko bagi seseorang dengan kondisi peradangan pada perut. Bahkan, Emma Soos selaku direktur di The Women’s Health Clinic mengatakan, salah melakukan gerakan ini justru bisa meregangkan atau memicu herniasi salah satu otot perut. 

Sejalan dengan Emma, dr. Claire Morrison yang bekerja di MedExpress menuturkan, sulit untuk menentukan apakah gerakan yoga alien membantu memperbaiki sistem pencernaan seperti disebutkan. Sebab, perawatan yang dilakukan cenderung berbeda bergantung pada kondisi yang dialami setiap orang. 

Karena itu, hindari mencoba melakukan gerakan ini di rumah tanpa didampingi pelatih yoga. Kamu mungkin lebih dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen tertentu untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Semua kebutuhan medis bisa kamu dapatkan dengan mudah di Halodoc, cek langsung melalui App Store atau Play Store untuk download Halodoc

Referensi:
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. Ramai soal Gerakan Yoga Mirip Alien, Amankah untuk Dilakukan?
HuffPost. Diakses pada 2022. What Is Nauli? Everything You Need To Know About The Instagram Trend Dubbed ‘Alien Yoga’