• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Oktober 2022

“Meski body serum dan body lotion sama-sama melembabkan kulit, tapi banyak perbedaan di antara keduanya. Body lotion dapat digunakan pada semua jenis kulit, sedangkan body serum khusus untuk kulit bermasalah.”

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body LotionWajib Tahu, Ini Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Halodoc, Jakarta – Perbedaan body serum dan body lotion yaitu pada komposisinya. Body lotion mengandung minyak bumi dan minyak mineral, serta kandungan bahan pelumas dan pengental yang banyak. Sedangkan body serum tidak mengandung minyak bumi atau minyak mineral. Body serum hanya memiliki kandungan bahan pelumas dan pengental yang jumlahnya sedikit. 

Body serum dan body lotion merupakan produk yang penting untuk perawatan kulit sehari-hari. Selalu sempatkan untuk mengaplikasikan body serum dan body lotion untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Namun, perlu diingat, body serum harus diaplikasikan sebelum body lotion. 

Kenali Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Sebenarnya, body serum dan body lotion memiliki fungsi yang sama. Hanya saja tujuan secara khusus pemakaiannya berbeda. Agar dapat memahami perbedaan body serum dan body lotion, berikut penjelasannya:

  1. Perbedaan fungsi spesifik

Perbedaan body serum dan body lotion yaitu tujuan pemakaiannya. Body lotion sudah lebih dulu dikenal sebagai pelembab untuk menghidrasi kulit. Produk perawatan kulit ini juga bermanfaat sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV. 

Seiring berjalan waktu, banyak orang menyadari bahwa setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Kemudian hadirlah body serum sebagai pelembab sekaligus solusi untuk untuk mengatasi masalah kulit. Namun, bukan berarti body serum bisa menggantikan peran body lotion secara keseluruhan. 

  1. Perbedaan cara kerja

Seperti yang diketahui, body lotion berfungsi untuk menghidrasi kulit. Tidak heran jika kulit terasa lengket selama beberapa saat setelah mengaplikasikan body lotion. Sementara itu, body serum memiliki molekul yang lebih kecil yang membuatnya lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Body serum juga bekerja dengan membentuk skin barrier atau lapisan pelindung di kulit, sehingga tidak lengket seperti body lotion

  1. Perbedaan kandungan

Tekstur body lotion biasanya lebih cair dan lebih sedikit kandungan minyaknya dibandingkan jenis pelembab kulit lainnya. Penggunaannya pun ditujukan untuk kulit normal yang tidak begitu bermasalah. Sementara, kandungan di dalam body serum lebih banyak dan formulanya lebih ringan, sehingga lebih mudah diserap kulit. 

Body serum menggunakan bahan yang water based atau berbasis air. Selain itu, beberapa bahan utamanya yaitu vitamin, antioksidan, glycolic acid, lactic acid, yang bermanfaat untuk mencegah kulit kering. 

  1. Perbedaan penggunaan

Perbedaan body serum dan body lotion berikutnya yaitu penggunaannya. Body lotion dapat digunakan pada semua jenis kulit karena formulanya ringan. Selain itu, body lotion memiliki kandungan yang menjaga kelembaban kulit. Tidak heran jika body lotion dapat digunakan kapan saja saat diperlukan. 

Sedangkan penggunaan body serum lebih ditujukan pada kulit yang sangat kering dan kasar. Selain itu, body serum juga dapat digunakan pada kulit yang bermasalah. Misalnya mengalami penuaan dini, sensitif, atau bersisik.

Lantas, manakah yang lebih baik antara body serum dan body lotion? Nah, untuk mengetahuinya sangat tergantung pada kebutuhan dan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit kering dan dehidrasi, maka lebih direkomendasikan menggunakan body serum yang memiliki konsentrasi pelembab yang tinggi, dibandingkan body lotion. 

Namun, jika kondisi kulit cenderung normal dan tidak bermasalah, cukup rawat dengan body lotion. Apabila kamu sudah menentukan produk perawatan yang cocok dengan kulitmu, segera cek kebutuhan perawatan di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. The 7 Body Lotion Benefits
WebMD. Diakses pada 2022. Body Lotion – Uses, Side Effects, and More
Vaseline. Diakses pada 2022. What are Body Serums, and How to Use Them
Difference Between. Diakses pada 2022. What is the Difference Between Serum and Lotion