Kenali Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body Lotion

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Oktober 2022

“Body lotion dan body serum sama-sama merupakan produk perawatan kulit yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun, manfaat body serum lebih unggul karena dilengkapi dengan sejumlah kandungan untuk mengatasi masalah kulit.”

Kenali Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body LotionKenali Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body Lotion

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan kulit tubuh juga sama pentingnya dengan kesehatan wajah. Nah, salah satu perawatan kulit tubuh yang wajib untuk dilakukan adalah mengaplikasikan body lotion setelah mandi. Hal itu bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit tubuh. 

Namun, sekarang ini muncul produk perawatan kulit yang lebih menarik dari body lotion, yaitu body serum. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Lantas, apa perbedaan di antara keduanya? Yuk, cari tahu di sini jawabannya.

Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body Lotion

Sama seperti serum untuk wajah, body serum mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi masalah tertentu, seperti kulit kering dan mengelupas atau kulit kusam. Sementara manfaat body lotion utamanya untuk memberikan kelembaban. 

Body serum seperti body lotion dengan level yang lebih tinggi, karena memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Dengan begitu, body serum tidak hanya bisa melembabkan tapi juga bisa membuat perbedaan besar dalam keseluruhan tampilan dan kesehatan kulit. Manfaat body serum, antara lain melembabkan, meremajakan, menghaluskan, dan memulihkan kesehatan kulit.

Manfaat body serum untuk mengatasi kulit kering juga lebih ampuh dibanding body lotion. Hal itu karena beberapa produk body serum yang berfokus pada hidrasi, memiliki asam hialuronat yang bisa membantu memulihkan pelindung kulit dan memungkinkan retensi kelembaban yang lebih baik. 

Produk perawatan kulit ini mampu menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Hal itu secara otomatis bisa melancarkan proses regenerasi kulit, sehingga nantinya akan menghilangkan noda kusam dan kulit kasar pada bagian permukaan kulit untuk digantikan dengan sel kulit baru.

Keunggulan lainnya dari body serum adalah produk tersebut juga dilengkapi dengan multivitamin lebih banyak dan beberapa kandungan baik untuk kesehatan kulit. Contohnya seperti antioksidan serta lactic acid dan glycolic acid yang bekerja untuk mencegah kulit jadi kering. Itulah mengapa body serum bekerja lebih baik untuk menutrisi sekaligus menjaga kelembaban kulit.  

Sementara beberapa body serum lainnya mengandung bahan aktif yang kuat yang sering digunakan juga untuk produk perawatan kulit wajah, yang dirancang untuk mengatasi masalah, seperti jerawat tubuh dan hilangnya kekencangan. 

Namun, dari segi tekstur, body serum lebih berat daripada body lotion biasa. Meski begitu, produk perawatan kulit baru tersebut bisa meresep ke dalam kulit dengan cepat dan membuatnya terasa halus dan lembut.

Lantas, kapankah harus memilih body lotion atau body serum? Pada dasarnya, body lotion sudah cukup baik untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Bagi kamu yang sudah terbiasa mengenakan body lotion, tidak masalah untuk meneruskan rutinitas perawatan kulit dengan menggunakan produk tersebut. 

Body serum umumnya hanya diperlukan bila kamu memiliki masalah kulit yang ingin diatasi. Produk perawatan kulit ini hadir agar kamu tidak perlu menambah produk perawatan kulit lainnya untuk melembabkan dan juga mengatasi masalah kulit.

Tips Menggunakannya

Cara menggunakan body serum dan body lotion kurang lebih sama. Kedua produk perawatan kulit tersebut bisa bekerja paling baik bila dioleskan pada kulit segera setelah mandi. 

Nah, untuk mendapatkan berbagai produk perawatan kulit, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa mendapatkan obat dan vitamin, serta produk perawatan kulit yang kamu butuhkan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Harpers Bazaar. Diakses pada 2022. Do you really need a body serum?.
Vaseline. Diakses pada 2022. What are Body Serums, and How to Use Them.
Sociolla. Diakses pada 2022. Body Serum vs Body Lotion, Apa Sih Bedanya?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan