• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada 8 Tanda Anak Stres Menghadapi Pandemi

Waspada 8 Tanda Anak Stres Menghadapi Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Waspada 8 Tanda Anak Stres Menghadapi Pandemi

“Pandemi COVID-19 nyatanya memberikan dampak bagi siapa saja. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan mengalami dampak akibat pandemi. Salah satunya adalah kondisi stres. Perubahan yang terjadi membuat anak mengalami rasa takut, khawatir, hingga gangguan cemas. Ibu bisa memperhatikan tanda anak stres menghadapi pandemi agar kondisi ini dapat diatasi dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya meningkatkan kewaspadaan terhadap paparan infeksi COVID-19 yang dapat menyebabkan sejumlah gejala pada tubuh anak. Ibu juga perlu memastikan kesehatan mental anak selama menghadapi pandemi COVID-19 dalam kondisi yang baik dan optimal.

Ada berbagai hal yang dapat terjadi ketika anak stres menghadapi pandemi. Mulai dari rasa takut berlebihan, gangguan kecemasan, hingga depresi. Hal ini tentunya perlu diwaspadai oleh orangtua agar anak tetap memiliki kualitas hidup yang baik selama menjalani pandemi. Untuk itu, perhatikan beberapa tanda anak stres menghadapi pandemi yang perlu diperhatikan orangtua.

Baca juga: Peran Keluarga dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak

Ibu, Waspada Tanda Stres pada Anak

Perubahan yang terjadi selama masa pandemi nyatanya memiliki dampak pada anak-anak. Pandemi COVID-19 menyebabkan anak mengalami perubahan dalam bertumbuh, bersosialisasi, berperilaku, hingga mengelola emosi mereka. Hal ini terlihat dari berbagai aktivitas yang banyak dilakukan anak dari rumah.

Tentunya bukan hal yang mudah bagi anak-anak untuk mengerti situasi yang terjadi. Orangtua sebaiknya tetap tenang dan jangan panik agar anak-anak tetap merasa aman. 

Selain itu, tetap perhatikan kondisi kesehatan mental anak. Kondisi stres, depresi, dan putus asa rentan dialami oleh anak-anak. Meskipun gejalanya berbeda tiap usia, tetapi orangtua perlu mengetahui dengan baik untuk mencegah kondisi yang lebih buruk.

Berikut ini tanda anak stres menghadapi pandemi yang perlu diwaspadai orangtua:

  1. Anak menjadi lebih mudah rewel dan tantrum.
  2. Mengalami gangguan tidur sehingga lebih mudah terbangun pada malam hari.
  3. Mengalami penurunan nafsu makan.
  4. Menarik diri dari orang lain.
  5. Mengalami perubahan perilaku dengan lebih sering memukul.
  6. Perubahan suasana hati.
  7. Kehilangan minat terhadap suatu hal yang disukai.
  8. Mengalami gangguan pada kemampuan berpikir dan mengingat atau menjadi lebih mudah lupa.

Itulah beberapa tanda anak stres saat menghadapi pandemi COVID-19 yang perlu diketahui oleh orangtua. Untuk mencegah gangguan kesehatan mental yang lebih buruk, orangtua perlu melakukan penanganan tepat agar kondisi ini dapat segera diatasi.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental Balita Selama Pandemi

Tips Mencegah Anak Stres Menghadapi Pandemi

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegah anak stres menghadapi pandemi adalah bersikap tenang. Pastikan orangtua mengerti keadaan dan situasi agar anak tetap merasa aman. 

Selain itu, jika ibu melihat terdapat perubahan perilaku yang mengarah pada gejala stres, sebaiknya segera tanyakan langsung kondisi kesehatan mental anak pada dokter anak melalui Halodoc. Untuk menghindari paparan virus COVID-19, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak di rumah. Caranya, download Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Ibu juga bisa melakukan beberapa tips sederhana untuk mencegah anak stres menghadapi pandemi, seperti:

  1. Bangun hubungan anak dengan teman-temannya. Ibu bisa menggunakan aplikasi video call atau telepon untuk membuat anak tetap terhubung dengan teman-temannya.
  2. Ajak anak untuk berolahraga ringan setiap harinya. Gerakan fisik yang ringan nyatanya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres yang dialami oleh anak.
  3. Ajaklah anak untuk menikmati musik kesukaannya. Ibu juga bisa menambahkan tarian-tarian kecil yang menyenangkan agar suasana hati anak kembali membaik.
  4. Hibur anak dengan memberikan waktu luang dan ajak anak mengeksplorasi kegiatan kesukaannya. Lakukan bersama-sama secara rutin.
  5. Ibu bisa mengajak anak untuk mengenalkan kegiatan di rumah dan membantu ibu dalam menyelesaikan pekerjaan yang bisa dilakukan. Berkebun menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama dengan anak.
  6. Penuhi kebutuhan istirahat, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan anak.
  7. Dorong spiritual anak. Ibu bisa mengajak anak untuk berdoa dan mengenali rasa syukur terhadap kondisi dan situasi yang saat ini terjadi.
  8. Hindari gadget atau informasi di sosial media mengenai pandemi.

Baca juga: Mitos dan Fakta Unik Tentang Kesehatan Mental Anak

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah anak stres menghadapi pandemi. 

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2021. Mental Health During COVID-19: Signs Your Child May Need Support.
MSD Manual. Diakses pada 2021. Commentary: COVID-19 and Children’s Mental Health – What Parents Need to Know.