• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, 6 Kebiasaan Ini Menurunkan Kekebalan Tubuh

Waspada, 6 Kebiasaan Ini Menurunkan Kekebalan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi seperti ini, setiap orang dituntut selalu sehat agar terhindar dari penularan COVID-19. Hampir semua orang melakukan segala cara, mulai dari membeli suplemen sampai membuat air rebusan rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, COVID-19 rentan menyerang individu dengan imunitas yang lemah.

Sayangnya, tak sedikit orang yang secara sadar atau tidak sadar masih melakukan kebiasaan tertentu yang ternyata dapat menurunkan kekebalan tubuh. Bisa jadi kamu tergolong ke dalam individu tersebut lho ! Lantas, kebiasaan apa saja yang dapat menurunkan kekebalan tubuh? Biar tidak keliru, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

Dikutip dari Everyday Health, berikut sejumlah kebiasaan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, yaitu:

  1. Merokok

Setiap orang pasti tahu kalau kebiasaan merokok dapat mendatangkan masalah kesehatan. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga perokok lebih rentan terhadap flu. Menurut dr. Jonathan Rich, dokter Mercy Medical Center di Baltimore, kebiasaan merokok dapat merusak garis pertahanan pertama, yakni lapisan mulut dan hidung yang sebenarnya merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Merokok juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh mengalami kesalahan, di mana sistem kekebalan tubuh malah menyerang jaringan paru-paru. Kebiasaan ini dapat menimbulkan gangguan paru obstruktif kronik, penyakit pernapasan yang sulit disembuhkan.

  1. Kurang Tidur

Di masa karantina seperti ini, tidak sedikit orang yang justru suka begadang. Padahal tidur yang cukup membantu tubuh untuk beristirahat dan bersiap untuk memerangi infeksi. Kurang tidur dapat malah membuat seseorang rentan mengalami sejumlah kondisi seperti depresi, diabetes, dan obesitas.

Setiap orang membutuhkan jumlah tidur yang berbeda-beda, tetapi rata-rata orang dewasa memerlukan waktu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Kalau kamu tidak mau gampang sakit, sebaiknya hindari kebiasaan begadang, ya!

  1. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering atau secara berlebihan bisa memberikan efek negatif pada sistem kekebalan tubuh. Minum terlalu banyak dapat menghilangkan lapisan mulut dan kerongkongan, sehingga  membuat virus dan bakteri mudah memasuki tubuh. Untuk wanita, pastikan untuk tidak minum alkohol lebih dari satu gelas per hari, sedangkan pria tidak boleh lebih dari dua gelas per hari.

Baca juga: Bahaya Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji Saat Karantina

  1. Stres

Beratnya beban pekerjaan atau masalah kehidupan memang tidak dapat dihindari. Meski semuanya sulit dijalani, kamu tetap harus cerdik dalam mengelola stres. Tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan respons kekebalan tubuh, sehingga kamu bisa rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya. Nah, cara untuk menghilangkan stres atau setidaknya meminimalisirnya, cobalah berolahraga selama 30 menit sehari atau berlatih pernapasan dalam. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

  1. Pola Makan yang Buruk

Membeli mie instan dan frozen food untuk stok makanan selama karantina sah-sah saja. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu sering. Mie instan dan frozen food cenderung tinggi kandungan garam atau gula serta rendah nutrisi. Konsumsi gula dan garam yang tinggi dan kurangnya nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan kekebalan tubuh.

Selain itu makan makanan yang berlemak tinggi juga bisa membuat kamu kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan bahkan sampai obesitas bisa membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, pastikan untuk perbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Tidak Pernah Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi dan sel-T, yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Malas berolahraga atau bahkan tidak pernah berolahraga sama sekali tentunya membuat tubuh hanya menghasilkan antibodi yang sedikit. 

Maka dari itu, luangkan sedikit waktu yang kamu punya untuk berolahraga ya. Kamu bisa kok hanya berjalan kaki 20 menit saja. Berjalan kaki selama 20 menit dalam lima hari seminggu dapat membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja sebaik mungkin.

Baca juga: Kebiasaan Berjalan Kaki Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Selain rutin berolahraga dan perbanyak makan sayur dan buah, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan diatas juga ya. Nah, kalau stok vitamin dan suplemen kamu sudah menipis, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot pergi ke luar rumah, tinggal order lalu pesanan kamu akan diantar dalam waktu kurang lebih satu jam.

Referensi :
Everyday Health. Diakses pada 2020. Helping Your Immune System.
The Healthy. Diakses pada 2020. 9 Innocent Habits That Might Be Ruining Your Immune System.