18 February 2018

Waspadai 3 Bahaya Bermain Futsal di Malam Hari Bagi Kesehatan

Waspadai 3 Bahaya Bermain Futsal di Malam Hari Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Terkadang kesibukan yang padat sering membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi maupun pada siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk berolahraga pada malam hari. Bagi kamu yang masih suka olahraga di malam hari, kini harus lebih berhati-hati. Meskipun olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan, tapi efeknya bisa berbalik merugikan jika dilakukan larut malam. Mengapa demikian?

Hal ini berkaitan dengan jam biologis tubuh. Ketika larut malam, jam biologis tubuh akan mengingatkan kamu dengan waktu tidur. Jika kamu memaksa untuk melakukan olahraga pada malam hari, akan terjadi perubahan “jadwal” yang bisa mengacaukan jam biologis untuk mengatur bagaimana tubuh berfungsi. Akibatnya, tubuh menjadi rentan sakit dan cepat lelah. Beberapa bahaya olahraga malam bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, mudah sesak napas, dan sulit tidur.

Olahraga pada malam hari sebetulnya tidak dilarang. Tetapi sangat disarankan untuk tetap melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Melakukan olahraga di malam hari dengan kecepatan dan kekuatan yang jauh lebih lambat, akan membuat tubuh mudah untuk mengatur detak jantung, pernapasan dan menjaga kadar hormon tetap normal. Hal yang tak kalah penting adalah jangan lupakan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga. Pemanasan dan pendinginan sangat berguna untuk memperbaiki sirkulasi darah, mengendurkan otot, dan membantu kamu untuk mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya.

Salah satu olahraga yang suka dilakukan pada malam hari adalah futsal. Futsal yang merupakan salah satu olahraga paling digemari oleh kaum pria ini seringkali dimainkan di malam hari karena saat siang hari, kebanyakan orang masih sibuk dengan pekerjaannya. Futsal memang sangat menyenangkan untuk dilakukan dan bisa membuat tubuh berkeringat. Namun, bila futsal sering dilakukan pada malam hari, ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Kalau begitu, kira-kira apa saja bahaya futsal malam hari bagi kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Angin Malam

Bahaya bermain futsal pada malam hari yang pertama adalah angin malam. Meskipun dilakukan di tempat tertutup, tubuh berisiko terkena angin malam akibat dari bermain futsal di malam hari. Kamu pun berisiko terkena demam, masuk angin, atau bahkan menurunnya daya tahan paru-paru yang bisa memicu munculnya asma.

Kelelahan

Bahaya futsal malam hari kedua, setelah pulang kerja bisa membuat tubuh kamu kurang beristirahat dan akhirnya kelelahan. Tak jarang, di keesokan harinya, kamu pun akan merasa lesu dan akhirnya memengaruhi kinerja kamu pada hari itu.

Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Bila kamu terlalu sering melakukan futsal pada malam hari, akan memengaruhi daya tahan tubuh kamu yang cenderung menurun. Hal ini karena kamu melakukannya saat tubuh sudah tidak benar-benar dalam kondisi prima. Kebiasaan ini akan membuat kamu lebih mudah jatuh sakit.

Berdasarkan pemaparan bahaya futsal malam hari di atas, ada baiknya kamu selalu memastikan untuk melakukan olahraga futsal saat kondisi tubuh sedang sehat dan tidak kelelahan. Selain itu, disarankan kamu tidak melakukannya pada jam yang terlalu malam demi memberikan waktu tubuh untuk beristirahat.

Bila kamu masih penasaran dengan bahaya olahraga malam dan bahaya futsal malam hari, kamu bisa menanyakannya pada dokter yang ada di Halodoc. Sebagai aplikasi kesehatan, Halodoc telah bekerjasama dengan berbagai dokter ahli atau spesialis terpercaya yang siap sedia membantu kapan saja dan di mana saja 24/7 untuk memberikan solusi kesehatan. Kamu bisa berkomunikasi dengan dokter di Halodoc dengan pilihan komunikasi chat, voice call, dan video call di menu Contact Doctor. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat melalui menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesanan kamu hanya dalam satu jam saja. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!

Baca juga : Ini Bahaya Suntik untuk Membentuk Otot pada Pria