27 April 2018

Senang Olahraga di Malam Hari? Perhatikan 5 Tips Ini

Senang Olahraga di Malam Hari? Perhatikan 5 Tips Ini

Halodoc, Jakarta – Olahraga malam hari memang tidak dilarang. Sebab padatnya aktivitas tak jarang “memaksa” seseorang untuk berolahraga di malam hari. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan berolahraga di malam hari, misalnya jenis olahraga yang boleh kamu lakukan.

(Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat)

Bagi orang yang punya kesibukan di pagi dan siang hari, malam adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu enggak perlu khawatir, sebab olahraga malam juga punya banyak manfaat jika dilakukan secara tepat. Diantaranya dapat membuat tidur lebih nyenyak, tubuh lebih rileks, dan mengurangi stres. Bahkan seorang psikolog bernama Gladys Pearson menyebutkan bahwa olahraga malam memiliki dampak yang lebih besar untuk tubuh dibandingkan olahraga di waktu yang lain. Ini karena olahraga malam bisa membuat otot lebih hangat setelah berolahraga sehingga dapat meningkatkan kapasitas fisik. Nah, jika kamu tipe orang yang senang berolahraga di malam hari, berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan:

1. Lambatkan Ritme

Saat olahraga malam, kamu disarankan untuk melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Sebab ritme olahraga yang lambat bisa membantu tubuh mengatur detak jantung dan pernapasan, serta menjaga kadar hormon tetap normal.

2. Intensitas Tak Berlebihan

Berolahraga lah sesuai dengan kapasitas tubuh kamu. Sebab jika dipaksakan, olahraga yang berlebihan dan tak sesuai kapasitas bisa memicu penimbunan asam laktat, menyebabkan badan menjadi pegal dan sulit tidur.

3. Atur Waktu

Hindari olahraga malam mendekati waktu tidur, minimal 3-4 jam sebelum tidur. Ini karena olahraga yang dilakukan menjelang tidur bisa mengganggu siklus tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, gelisah, hingga susah tidur.

(Baca juga: Tips Agar Olahraga Enggak Membosankan)

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum olahraga malam berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga, ya.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih bisa membantu mempercepat pendinginan. Ini karena saat minum air putih, tubuh akan lebih cepat kembali ke suhu normal. Minum air putih setelah olahraga juga dapat mengeliminasi asam laktat sehingga membuat badan lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Sebelum berolahraga, cari tahu dulu jenis olahraga apa saja yang aman dilakukan di malam hari. Sebab tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan di malam hari. Lantas, apa saja sih olahraga yang boleh dilakukan di malam hari?

  • Yoga. Olahraga ini dapat membantu mengurangi stres, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur lebih nyenyak.
  • Jalan kaki. Olahraga sederhana ini bisa membantu menghilangkan pikiran dan perasaan negatif yang mengganggu tidurmu.
  • Fitness. Biasanya, olahraga ini dilakukan di klub kebugaran khusus. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan sambil didampingi oleh instruktur olahraga yang terpercaya.
  • Tai chi. Olahraga ini dapat melatih keseimbangan tubuh dan pikiran sehingga membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Agar tidak panik, kamu juga bisa lho bertanya ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendingan Dalam Olahraga)