2 Alasan Sering Memakai Sepatu Sempit Rentan Kena Jamur Kuku

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
2 Alasan Sering Memakai Sepatu Sempit Rentan Kena Jamur Kuku

Halodoc, Jakarta - Banyak alasan yang dapat menjadi penyebab jamur kuku. Salah satunya adalah sering memakai sepatu sempit. Jamur kuku adalah kondisi yang sering terjadi dengan gejala awal yang timbul, yaitu bintik putih atau kuning di bawah ujung kuku atau tepat di bawah kuku. Saat infeksi jamur yang terjadi semakin dalam, hal tersebut dapat menyebabkan kuku kamu berubah warna, menebal, remuk di pinggirnya, serta dapat menyerang beberapa kuku.

Jamur kuku yang masih terbilang ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari kamu tidak membutuhkan perawatan. Apabila gangguan tersebut telah menyebabkan rasa sakit dan kuku menebal, langkah perawatan dan pengobatan harus dilakukan. Walaupun pengobatan dari jamur kuku tersebut berhasil, infeksi tersebut dapat muncul kembali secara tiba-tiba.

Jamur kuku yang menyerang kamu disebut juga dengan onikomikosis. Ketika jamur menginfeksi area di antara jari-jari kaki dan kulit kaki seseorang, gangguan tersebut dikenal dengan sebutan athlete's foot atau tinea pedis. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah jamur kaki terjadi, seperti menjaga kaki agar tetap bersih dan kering. Cucilah kaki dengan sabun dan air setiap hari laku keringkan dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Usir Jamur Kuku

Memakai Sepatu Sempit Dapat Menjadi Penyebab Jamur Kuku

Sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan seseorang mengidap jamur kuku. Hal ini dikarenakan jamur tumbuh subur pada kaki yang terkurung di dalam sepatu dan kaus kaki yang ketat dan panas. Kaki tidak mendapatkan ruang untuk mendapatkan angin agar kulit dapat bernapas. Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan sepatu sempit dapat membuat seseorang mengidap jamur kuku:

  1. Tidak Masuknya Udara

Kaki manusia membutuhkan udara untuk bernapas, sehingga ketika seseorang menggunakan sepatu yang sempit, udara yang masuk pun menjadi terbatas. Selain itu, kaki juga mengeluarkan keringat yang akan menjadi lembap apabila tidak mendapatkan udara. Hal tersebut dapat menyebabkan jamur tumbuh subur di kaki. Faktor bahan dari kaus kaki juga dapat menyebabkan hal tersebut, maka dari itu cobalah gunakan kaus kaki dengan bahan serat sintetis.

  1. Cedera pada Ujung Kuku

Hal lainnya yang dapat membuat seseorang terserang jamur kuku saat menggunakan sepatu yang sempit adalah terjadinya cedera pada ujung kuku. Cedera yang terjadi karena terlalu kuat tekanan pada kuku membuat ujung kuku cedera, sehingga infeksi tersebut dapat masuk melalui bagian yang luka tersebut dan menyebabkan jamur kuku.

Baca Juga: Waspadai Jamur Kuku yang Bisa Merusak Penampilanmu

Komplikasi Jamur Kuku

Jamur kuku yang terjadi pada seseorang dapat berkembang menjadi parah dan menyebabkan rasa sakit, serta menyebabkan kerusakan permanen pada kuku yang terserang. Hal tersebut juga dapat menyebabkan infeksi yang serius lainnya yang dapat menyebar di luar kaki apabila kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat dari pengobatan, diabetes, atau hal lainnya.

Seseorang yang mengidap diabetes, sirkulasi darah dan sarafnya akan berkurang. Selain itu, orang tersebut juga berisiko lebih besar untuk mengidap infeksi kulit disebabkan oleh bakteri atau selulitis. Jadi, seseorang yang mengidap diabetes harus hati-hati terhadap infeksi yang ringan, karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Sebabkan Jamur Kuku

Itulah beberapa alasan apabila seseorang mengenakan sepatu yang sempit dapat sebabkan jamur kuku. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal jamur pada kuku, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.