25 July 2018

3 Alasan Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Seks sebelum tidur, seks bikin tidur lebih nyenyak, seks

Halodoc, Jakarta – Berhubungan intim memang bisa dilakukan kapan saja, termasuk sebelum tidur. Bahkan, beberapa ahli mengklaim bahwa seks sebelum tidur bisa bikin tidur lebih nyenyak, terutama bagi orang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Tapi, apakah benar? Simak penjelasannya berikut ini, yuk.

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Kaitan antara seks dan kualitas tidur telah dibuktikan oleh beberapa studi. Salah satunya adalah studi dari Universitas Central Queensland. Studi tersebut menyebutkan bahwa sebagian besar responden mengaku bisa tidur nyenyak setelah berhubungan intim. Efek ini akan lebih baik jika pasangan sama-sama mendapat orgasme.

1. Tubuh Terasa Lelah

Seks sebelum tidur bisa membuat tubuh kelelahan. Alasannya karena saat berhubungan intim, energi akan diserap dan seluruh tubuh (termasuk pikiran) akan bekerja secara sadar. Itu mengapa setelah mencapai titik klimaks, tubuh akan merasa kelelahan dan napas menjadi terengah-engah. Dampaknya, kamu akan mudah mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

2. Merasa Bahagia dan Nyaman

Saat berhubungan intim, tubuh akan melepaskan hormon oksitoksin. Ini adalah hormon yang berperan dalam ereksi dan orgasme, serta menciptakan rasa nyaman dan bahagia setelah berhubungan intim. Selain itu, seks sebelum tidur juga bisa menurunkan kadar kortisol (hormon penyebab stres) dalam tubuh. Perubahan hormon inilah yang berdampak pada menurunnya stres tubuh sehingga tubuh lebih rileks dan bisa tidur lebih nyenyak.

3. Mempercepat Siklum  REM saat Tidur

Selain lepasnya hormon oksitoksin dan menurunnya hormon kortisol, seks sebelum tidur juga bisa meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Ini adalah hormon yang berperan khusus dalam tumbuh kembang organ seksual wanita. Pada saat berhubungan intim, peningkatan hormon ini akan mempercepat siklus rapid eye movement (REM), yaitu periode tidur yang ditandai dengan pergerakan mata, hilangnya kekuatan otot, dan mimpi yang tampak nyata.

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

Apakah Berhubungan Intim di Malam Hari Lebih Baik?

Selain bikin tidur lebih nyenyak, ternyata, seks sebelum tidur juga punya manfaat lain. Antara lain: meningkatkan keintiman hubungan dan mengurangi stres. Tapi, apakah berhubungan intim di malam hari lebih baik? Jawabannya, tidak selalu. Sebab, berhubungan intim bisa dilakukan kapan saja, tergantung persetujuan kamu dan pasangan. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa selain di malam hari, waktu terfavorit kedua untuk berhubungan intim adalah pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum memulai aktivitas.

Kebanyakan orang memilih untuk berhubungan intim di malam hari karena beberapa alasan. Antara lain: mengusahakan kehamilan (bagi wanita) dan lebih leluasa dilakukan karena tidak terganggu dengan aktivitas harian atau kesibukan mengurus anak (jika dilakukan di pagi atau siang hari).

Itulah tiga alasan seks bikin tidur lebih nyenyak. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat seks sebelum tidur, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya di aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!