• Home
  • /
  • 8 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Berhubungan Intim

8 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
8 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Berhubungan Intim

Halodoc, Jakarta - Aktivitas seksual bersama pasangan adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan dan jelas membawa banyak sekali manfaat, baik untuk fisik maupun psikis. Berbagai hal untuk meningkatkan kualitas seksual terus dicari dan dikembangkan, termasuk makanan yang diyakini meningkatkan libido. Jenis makanan yang disarankan tersebut umumnya mampu menjaga sistem peredaran darah atau baik untuk kesehatan jantung demi menjaga stamina tubuh. 

Namun, sejumlah pasangan tidak menyadari bahwa ada makanan yang harus mereka hindari untuk mendapatkan seks yang berkualitas. Makanan ini biasanya dikaitkan dengan penyebab gangguan pencernaan, atau makanan yang bisa menurunkan libido.

Ingin tahu makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari saat hendak berhubungan seks dengan pasangan? Berikut ulasannya! 

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

1. Tahu

Makanan ini adalah salah satu sumber fitoestrogen, yakni hormon tanaman kimiawi yang mirip dengan estrogen dan ditemukan pada manusia. Tingginya kadar fitoestrogen ini meningkatkan kadar estrogen, sehingga berdampak pada menurunnya gairah seksual pada pria maupun wanita. Oleh karena itu, sebaiknya ganti konsumsi tahu dengan telur yang kaya vitamin B5 dan B6 untuk menyeimbangkan libido.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti gorengan juga banyak mengandung lemak jenuh (trans). Kandungan lemak trans yang berlebih ini yang bisa memicu penurunan kadar testosteron, sehingga menghambat aliran darah ke Mr.P. Bisa saja makanan ini malah mengganggu aktivitas seksual kamu dengan pasangan.

3. Oatmeal

Makanan ini adalah sumber serat yang tinggi dan diduga bisa menyebabkan kembung dan produksi gas berlebihan di perut. Jadi, saat kamu konsumsi oatmeal sebelum berhubungan intim, maka dapat menurunkan gairah seksual dan mengganggu kegiatan romantis tersebut. 

4. Peppermint

Baik dalam bentuk daun segar, suplemen herbal, maupun minyak esensial, peppermint dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyegarkan mulut dan mencegah bau napas tidak sedap.

Namun, sebisa mungkin kamu harus menghindari konsumsi peppermint sebelum berhubungan intim. Peppermint dapat menurunkan kadar testosteron dan mengurangi gairah seksual.

Baca juga: 4 Fakta Medis di Balik Malam Pertama

5. Makanan Asin

Kebanyakan orang lebih menyukai makanan asin, karena sifatnya yang adiktif. Makanan asin, seperti gorengan atau camilan, mengandung kadar sodium yang tinggi. Kandungan ini yang bisa mengganggu aliran darah ke organ intim, sehingga bisa membuat Mr. P sulit ereksi saat berhubungan intim.

6. Wine

Studi yang dilakukan oleh Universitas Washington menyebutkan, konsumsi wine sebelum berhubungan seksual juga tidak disarankan. Alasannya karena wine bisa menurunkan sensitivitas sentuhan dan mengurangi kenikmatan orgasme saat berhubungan intim. Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa pria yang tidak mabuk lebih bisa mempertahankan ereksinya dibanding pria yang mabuk.

6. Minuman Berenergi

Banyak iklan minuman berenergi mengklaim dapat meningkatkan stamina sehingga baik untuk diminum sebelum berhubungan seksual. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Minuman berenergi hanya membuat kamu berenergi dalam waktu sementara. Kadar gula dan kafein yang tinggi dalam minuman berenergi lambat laun menurunkan kadar testosteron, sehingga memengaruhi aktivitas seksual saat berhubungan seksual.

7. Minuman Bersoda

Selain minuman berenergi, kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda sebelum berhubungan intim. Pasalnya, minuman jenis ini bisa membuat perut kembung dan tidak nyaman, sehingga memicu kamu bersendawa atau cegukan. Hal ini bisa mengganggu kamu dan pasangan saat berhubungan intim. 

Baca juga: Pria Harus Tahu, ini Mitos dan Fakta Ejakulasi Dini

Itulah makanan dan minuman yang bisa mengganggu aktivitas seksual kamu bersama pasangan. Sebaliknya, melansir dari Healthline, pola makan yang terdiri dari kacang-kacangan, ikan dengan asam lemak omega-3 tinggi, buah, dan sayuran hijau adalah makanan yang disarankan untuk tingkatkan performa seksual kamu.

Namun, jika kamu masih ingin tahu lebih banyak tips untuk meningkatkan kualitas hubungan intim, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter di Halodoc melalui chat. Dokter akan selalu siaga memberikan saran untuk kesehatan kamu, kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi:
Cosmopolitan. Diakses pada 2020. Foods You Should Never Eat Before Sex.
Fox News. Diakses pada 2020. Worst Foods to Eat Before Sex.
Healthline. Diakses pada 2020. Foods to Eat for Better Sex — and What You Should Really Avoid.