09 January 2019

3 Cara Diet Golongan Darah O

3 cara diet golongan darah o

Halodoc, Jakarta – Apa resolusimu di tahun yang baru ini? Apapun resolusi kamu di tahun 2019, jangan lupa untuk membuat perubahan dalam meningkatkan kesehatanmu ya. Salah satu cara untuk memiliki kesehatan yang lebih baik adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Selain dengan berolahraga, kamu juga perlu mengatur pola makan dengan menjalani diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Nah, salah satu diet yang cukup populer adalah diet berdasarkan golongan darah. Bagi kamu yang memiliki golongan darah O, berikut cara diet yang bisa kamu lakukan.

Apa Itu Diet Golongan Darah?

Tingkat kesadaran masyarakat akan masalah kesehatan, khususnya masalah obesitas dan berat badan saat ini semakin tinggi. Itulah mengapa banyak jenis-jenis diet bermunculan dan menawarkan metode yang berbeda-beda untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah diet golongan darah. Metode diet ini digagas oleh seorang dokter naturopati bernama Peter D’Adamo yang percaya bahwa golongan darah memengaruhi sistem pencernaan. Jadi, setiap golongan darah mencerna kandungan lektin atau sejenis protein pada makanan secara berbeda.

Bila kandungan lektin dari makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan golongan darah, maka hal tersebut bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti perut kembung, metabolisme melambat, dan penyakit. Nah, berdasarkan teori tersebut, dikembangkanlah sebuah panduan pola makan yang disesuaikan dengan tipe-tipe golongan darah yang ada, yaitu A, AB, B, dan O. Namun pada kali ini, yang akan dibahas adalah cara diet untuk golongan darah O.

Baca juga: Ketahui Makanan Diet Golongan Darah A untuk Dapatkan Tubuh Sehat dan Ideal

Metode diet golongan darah membagi makanan ke dalam tiga kategori, yaitu makanan bermanfaat, netral, dan harus dihindari. Makanan bermanfaat adalah jenis makanan yang dianggap baik untuk kesehatan, bahkan dapat dikonsumsi sebagai obat. Makanan netral adalah makanan yang dikonsumsi sebagai asupan tubuh. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah jenis makanan yang dianggap sebagai racun. Jadi, tiap golongan darah memiliki jenis makanannya masing-masing.

Pola Makan Diet Golongan Darah O

Orang bergolongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik, serta memiliki daya tahan tubuh alami yang kuat terhadap infeksi. Jenis diet yang direkomendasikan untuk orang bergolongan darah O adalah diet protein tinggi. Dengan kata lain, makanan yang baik untuk golongan darah O adalah makanan yang tinggi protein, seperti daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt. Berikut cara diet yang bisa dipraktekkan oleh orang bergolongan darah O.

1. Perhatikan Makanan yang Baik Dikonsumsi dan Harus Dihindari

Agar bisa menurunkan berat badan secara efektif, kamu yang bergolongan darah O perlu tahu makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan jenis makanan yang harus dihindari.

Ikan dan Daging

Daging dan ikan adalah makanan yang paling baik untuk dikonsumsi oleh golongan darah O. Konsumsi seafood dan bahkan daging merah dapat membantu golongan darah O menurunkan berat badan. Sumber protein hewani terbaik untuk diet golongan darah O, antara lain:

  • Daging sapi

  • Daging domba

  • Daging sapi muda

  • Ikan kod

  • Ikan haring

  • Makerel.

Sebenarnya orang bergolongan darah O boleh mengonsumsi jenis ikan dan daging apa saja, kecuali beberapa jenis berikut:

  • Daging babi asap (bacon)

  • Ham

  • Daging babi

  • Ikan lele

  • Salmon asap

  • Kaviar

  • Gurita.

Biji-Bijian & Kacang-Kacangan

Berbeda dari ketiga golongan darah lainnya, golongan darah O perlu membatasi konsumsi biji-bijian, seperti padi-padian dan kacang-kacangan, seperti kacang polong. Golongan darah O juga, sebaiknya menghindari gandum, jagung, kacang navy, dan kacang merah karena dapat memicu alergi.

Baca juga: 4 Jenis Makanan ini Sering Menyebabkan Alergi

Buah dan Sayur

Buah yang dianggap bermanfaat untuk golongan darah O adalah pisang dan mangga. Sedangkan melon, melon madu (honeydew), blewah, jeruk, stroberi, kelapa, dan kiwi adalah jenis buah-buahan yang harus dihindari.

Sedangkan sayuran terbaik adalah daun seledri, daun bawang, kangkung, bayam, buncis, dan brokoli. Namun, orang bergolongan darah O perlu menghindari sayur-sayuran, seperti sawi hijau, kubis, kol bunga, jamur shiitake, kentang, terong, dan jagung.

2. Olahraga yang Sesuai dengan Golongan Darah

Diet yang kamu jalani juga perlu diimbangi dengan olahraga secara rutin. Jenis olahraga yang cocok untuk orang bergolongan darah O adalah yang melatih ketahanan tubuh, seperti berlari.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik? Lari di Lapangan atau Treadmill

3. Minum Suplemen yang Sesuai

Metode diet ini juga menyarankan orang bergolongan darah O untuk banyak mengonsumsi vitamin B. Selain itu, untuk mendapatkan asupan kalsium yang baik untuk golongan darah O, kamu disarankan untuk minum suplemen dibandingkan mengonsumsi produk susu. Hal ini karena produk susu bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Itulah cara diet golongan darah O. Perlu kamu ketahui bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jenis diet ini aman dan efektif dalam menurunkan berat badan. Jadi, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter bila kamu ingin mencoba diet golongan darah. Kalau kamu ingin berdiskusi soal diet dan nutrisi, tanyakan saja langsung kepada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga.