Tinggi Protein, Intip 4 Menu Diet Sehat Ini

Tinggi Protein, Intip 4 Menu Diet Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi lebih banyak protein menjadi kunci bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet untuk membentuk otot tubuh. Namun ternyata, tidak semua jenis makanan yang tinggi protein bisa mewujudkan tujuan diet yang sedang dijalani.

Baca juga: Ini Jumlah Protein yang Dibutuhkan untuk Diet

Nyatanya, untuk membentuk otot-otot di tubuh dibutuhkan konsumsi makanan yang mengandung lean protein dalam jumlah yang banyak. Lean protein merupakan jenis protein rendah lemak yang bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan. Apa saja?

1. Telur Ayam

Telur ayam sudah lama dikenal sebagai makanan sumber protein. Ternyata tidak sembarangan, telur ayam memiliki jumlah protein rendah lemak yang bisa membantu membangun dan membentuk otot si tubuh. Tidak hanya itu, zat gizi tersebut juga baik untuk membantu perbaikan sel dalam tubuh.

Namun perlu diingat, untuk mendapat manfaat tersebut, pastikan hanya mengonsumsi bagian putih telur saja atau ditambah dengan sedikit bagian kuning. Pasalnya, bagian kuning pada telur tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang terbilang banyak. Bagian kuning telur ini hanya boleh dimakan sebanyak tiga porsi dalam satu minggu, tujuannya untuk menghindari kadar kolesterol naik. Selebihnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi bagian putih telur saja.

2. Ikan

Ikan menjadi sumber protein rendah lemak yang paling sehat. Karena tinggi protein, tapi rendah lemak, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir saat mengonsumsinya. Jika diolah dengan cara yang tepat, mengonsumsi ikan sebenarnya tidak akan terlalu memengaruhi jumlah lemak dalam tubuh. Sehingga, sangat disarankan untuk memasukkan ikan dalam menu makanan sebagai lauk hewani.

Tak hanya itu, ikan ternyata juga memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan omega-3. Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi satu porsi ikan atau sekitar 25 gram, maka akan memberi tubuh asupan 50 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram lemak.

Baca juga: Pilihan Makanan Sumber Protein Tinggi

3. Daging Ayam

Selain telur ayam, mengonsumsi bagian daging unggas tersebut juga bisa membantu menyukseskan diet yang sedang dijalani. Daging ayam nyatanya termasuk jenis makanan tinggi protein dan rendah lemak. Namun perlu diingat, hal itu hanya berlaku jika kamu mengonsumsi bagian daging saja alias tidak dengan kulitnya. Selama ini, banyak orang yang tetap mengonsumsi daging ayam beserta bagian kulitnya. Padahal, kulit ayam sebenarnya merupakan sumber dari lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Untuk membuat menu diet sehat, cobalah mengolah dada ayam tanpa kulit dengan cara dipanggang, ditumis, ataupun dikukus. Dengan kata lain, hindari mengolah daging ayam dengan cara digoreng. Porsi daging ayam dalam satu kali makan pun, sebaiknya jangan berlebihan, tidak lebih dari 40 gram dalam satu kali makan besar.

4. Kacang-Kacangan

Meski sebenarnya jenis makanan ini merupakan sumber protein nabati, tapi kacang-kacangan tetap dianjurkan untuk dikonsumsi. Terutama jika kamu sedang menjalani diet untuk menambah massa otot dan menurunkan berat badan. Pasalnya, dalam satu porsi kacang-kacangan, hanya terkandung tidak lebih dari 3 gram lemak.

Ada banyak jenis makanan sumber protein yang baik bagi tubuh. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi tahu, tempe, kacang kedelai, kacang polong, kacang merah, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Baca juga: Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Tahu atau Tempe?

Cari tahu lebih lanjut seputar menu diet tinggi protein dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips diet dan rekomendasi hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!