Perut Kembung

Pengertian

Perut kembung merupkan suatu kondisi dimana perut kita terasa penuh dan kencang, juga terlihat membesar. Kondisi perut kembung ini biasanya ditandai dengan gejala bersendawa dan perut terasa bergejolak. Pada umumnya, penyakit tersebut berkaitan dengan menu makanan atau minuman dan cara Anda mengonsumsi, seperti adanya perubahan pada cara atau menu makan.

Gejala

Perut teras tidak nyaman dan sesak.Selain itu Anda juga terus merasa penuh di sekitar perut. Pada beberapa kasus, perut kembung bisa menyebabkan mual, muntah dan tak henti buang angin. 

Penyebab

Berikut beberapa penyebab perut kembung yang harus Anda
ketahui:

  • Menelan udara
    Kondisi ini terjadi karena keberadaan udara yang berlebihan dalam sistem pencernaan. Hal tersebut terjadi jika berbicara sambil makan, meminum minuman bersoda, makan yang terlalu cepat dan merokok.
  • Makanan dan minuman
    Makan dan minuman dapat menjadi penyebab terjadinya perut kembung. Agar Anda dapat menghindari perut kembung, sebaiknya hindari makanan & minuman seperti makanan yang digoreng dan berlemak, gula dan pemanis buatan, makanan kemas yang mengandung laktosa, serta buah apel, pir, pisang dan melon.
  • Obat-obatan dan suplemen penambah nutrisi
    Terdapat banyak suplemen penambah nutrisi serta obat-obatan yang bisa menyebabkan perut kembung, di antaranya yaitu obat untuk diare, obat untuk diabetes, aspirin, obat untuk konstipasi dan pil multivitamin serta penambah zat besi.
  • Kondisi medis lain
    Berbagai kondisi medis bisa dikaitkan dengan gejala perut kembung, seperti kanker usus besar, batu empedu, nyeri ulu pada hati, penyakit asam lambung, infeksi pencernaan dan kanker ovarium.
  • Penyebab lainnya
    Kondisi lain yang menyebabkan perut kembung, dapat seperti kelebihan berat badan, perubahan level hormon pada wanita sebelum masa menstruasi, rasa stres atau cemas dan kehamilan.

Pengobatan

Tahap awal pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter pada penanganan perut kembung, dapat berupa pemeriksaan riwayat medis, fisik serta pola makan sehari-hari. Namun pengobatan perut kembung pun dapat dilakukan dengan cara:


1. Penanganan melalui diri sendiri

Perubahan kecil pada gaya hidup dan pola makan Anda bisa dilakukan melalui:

  1. Mengurangi makanan yang menghasilkan gas yang banyak
  2. Mengurangi makanan berlemak dan yang di goreng
  3. Mengurangi konsumsi produk olahan susu
  4. Menghindari konsumsi produk olahan susu
  5. Memakan makanan dengan lebih kecil


2. Penanganan melalui obat-obatan


Ada 3 jenis obat-obatan yang bisa membantu dalam mengatasi perut kembung seperti simethicone dan suplemen laktase. Selain itu mengatasi sakit perut pun dapat dilakukan dengan mengonsumsi jahe, agar rasa mual & sakit perut pun reda.

Pencegahan

Hubungi dokter pilihan, jika Anda maupun orang terdekat mengalami perut kembung dengan disertai gejala:

  • Fases yang berwarna gelap
  • Rasa sakit pada ulu hati
  • Timbulnya diare
  • Adanya sakit perut yang berkelanjutan