3 Jenis Medical Check Up yang Harus Diketahui

3 Jenis Medical Check Up yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan fisik atau medical check up adalah sebuah tes rutin yang dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Hal tersebut berfungsi untuk memeriksakan kesehatan secara keseluruhan. Penyedia layanan kesehatan yang menyediakan pemeriksaan fisik dapat berupa dokter, perawat, atau asisten dokter. Selain itu, kamu tidak harus sakit untuk melakukan pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan fisik adalah momen yang tepat jika kamu ingin mengajukan pertanyaan kepada pelayanan kesehatan tersebut yang berkaitan dengan kondisi kesehatan kamu. Selain itu, kamu dapat mendiskusikan segala yang terjadi pada tubuh kamu atau apakah terdapat masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Terdapat beberapa tes terhadap tubuh kamu yang mungkin dilakukan selama pemeriksaan fisik. Tes yang akan dilakukan akan bergantung pada usia dan riwayat medis dari diri atau keluarga kamu. Jika terdapat sesuatu yang tidak biasa, umumnya akan direkomendasikan tes tambahan.

Sebelum pemeriksaan fisik dilakukan, dokter umumnya akan menyarankan kamu untuk tidak mengonsumsi makanan padat selama satu hari penuh agar tes yang dilakukan dapat maksimal. Tes yang mungkin dilakukan akan menggunakan sinar-X pada tubuh kamu, urinalisis, sampel tinja, sampel darah, dan lainnya.

Selama dilakukan medical check up, dokter mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan kepada kamu. Apabila kamu merasakan masalah atau mengalami suatu hal yang tidak normal, kamu dapat memberitahu ahli medis agar bagian tersebut diperiksa. Selain itu, kamu mungkin mendapatkan obat-obatan jika mengidap suatu penyakit.

Baca Juga : Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up

Beberapa Jenis Medical Check Up yang Umum Dilakukan

Pemeriksaan fisik atau medical check up adalah hal yang umum dilakukan secara rutin tiap tahun untuk mengetahui kesehatan dari tubuh kamu. Berikut adalah beberapa jenis medical check up yang harus kamu tahu:

  1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Salah satu pemeriksaan fisik yang umum dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah. Hal tersebut untuk memeriksa seberapa normal tekanan darah yang terdapat dalam tubuh kamu. Dengan memeriksa tiap tahun, kamu dapat menentukan batas normal dari tekanan darah kamu.

Hipertensi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tekanan darah tinggi. Jika kamu memiliki masalah jantung atau ginjal, dokter mungkin ingin tekanan darah kamu bahkan lebih rendah daripada orang-orang yang tidak memiliki kondisi ini.

Kamu akan diberi tahu bahwa tekanan darah pada tubuh terlalu tinggi seiring bertambahnya usia. Hal ini karena pembuluh darah menjadi lebih kaku seiring bertambahnya usia. Ketika itu terjadi, tekanan darah akan naik. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit parah lainnya.

Baca Juga : Harus Tahu, Anak-Anak Juga Butuh Medical Check Up

  1. Pemeriksaan Tingkat Kolesterol

Dengan pola makan dan gaya hidup saat ini, dokter menyarankan harus melakukan tes kadar kolesterol. Jika kolesterol pada tubuh kamu tinggi, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatur kadar kolesterolnya, dan membantu mencegah penyakit jantung dan serangan jantung.

Istilah medis untuk kolesterol darah tinggi dan trigliserida adalah gangguan lipid. Gangguan seperti itu terjadi ketika kamu memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Zat-zat ini termasuk kolesterol dan trigliserida.

  1. Pemeriksaan Gigi

Pemeriksaan gigi, juga disebut pemeriksaan intra-oral, termasuk pemeriksaan gigi dan jaringan rongga mulut di sekitarnya. Bagian yang diperiksa termasuk semua permukaan lidah, kelenjar air liur dan saluran, dan kelenjar getah bening leher.

Pemeriksaan gigi secara teratur sangat penting dan membantu kamu menjaga kesehatan mulut. Proses ini memungkinkan dokter gigi untuk memeriksa tanda-tanda awal masalah gigi, seperti gigi busuk atau periodontal. Pemeriksaan gigi lengkap juga harus terdiri dari serangkaian rontgen lengkap.

Baca Juga : 3 Alasan untuk Medical Check Up Sebelum Tahun Baru

Itulah beberapa jenis medical check up yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan fisik, kamu bisa membuat janji dengan rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segeralah download aplikasi Halodoc di smartphone kamu untuk segala kemudahan!