04 March 2019

3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Osteoarthritis

3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Osteoarthritis

Halodoc, Jakarta - Osteoarthritis atau penyakit kronis sendi degeneratif merupakan kondisi yang paling umum memengaruhi sendi mana pun di tubuh. Walau begitu, penyakit ini umumnya menyerang lutut, pinggul, punggung bawah, dan leher, serta sendi-sendi pada jari dan pangkal ibu jari, serta jempol kaki.

Pada sendi yang normal, bahan karet atau disebut dengan tulang rawan menutupi ujung setiap tulang. Pada tulang rawan tersebut, bagian tersebut membuat permukaan yang halus untuk dapat menggerakkan sendi dan berfungsi sebagai bantalan di antara tulang-tulang.

Pada seseorang yang mengidap osteoarthritis, tulang rawan mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kesulitan untuk menggerakkan sendi. Selain itu, osteoarthritis yang terjadi dapat menjadi lebih parah dari waktu ke waktu. Akibatnya, tulang dapat rusak dan potongan tulang atau tulang rawan dapat pecah dan dapat melayang di dalam sendi.

Di dalam tubuh seseorang yang mengidap osteoarthritis, peradangan pun bisa terjadi. Akibatnya, protein dan enzim yang ada dapat merusak tulang rawan. Jika osteoarthritis yang terjadi sudah menjadi parah, tulang rawan menjadi hilang dan akhirnya tulang akan bergesekan satu sama lain. Dengan begitu, kerusakan sendi pun terjadi dan bagian tubuh yang mengalami penyakit tersebut akan terasa sangat sakit saat menggerakkan bagian tubuh.

Baca Juga: Ini Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Osteoarthritis

Seseorang yang mengidap penyakit ini, sendi pada tubuhnya akan memburuk, sehingga ia akan mengalami kesulitan saat harus berolahraga secara rutin. Hal tersebut terjadi karena rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan. Saat seseorang berolahraga, beberapa gerakan akan menekan sendi, terutama lutut, sehingga menimbulkan rasa sakit dan dalam jangka panjang akan merusak sendi pada tubuh.

Walau begitu, terdapat beberapa olahraga yang dapat memberi dampak kecil pada tubuh pengidapnya. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak memberi beban pada sendi yang rusak.

Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh seseorang yang mengidap osteoarthritis:

  1. Renang

Berenang adalah salah satu olahraga yang baik dilakukan oleh pengidap osteoarthritis. Olahraga ini memberi dampak yang kecil, tetapi memberikan latihan yang baik untuk otot dan paru-paru. Ketika seseorang berenang, otot-otot pada tubuhnya akan bergerak maju. Hal tersebut baik untuk melatih otot yang berada di lengan, dada, dan kaki, serta untuk memberikan latihan pada tubuh.

Baca Juga: Lutut Sering Sakit, Hati-Hati Osteoarthritis

  1. Yoga dan Tai Chi

Yoga dan tai chi juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan seseorang yang terserang osteoarthritis. Walaupun latihan ini terbilang kurang menantang secara aerobik dibanding latihan lainnya, terdapat beberapa gerakan yoga yang dapat memberikan manfaat pada jantung dan paru-paru. Yoga adalah salah satu cara untuk memperkuat otot-otot di sekitar persendian. Selain itu, latihan ini dapat memberikan manfaat ideal untuk keseimbangan dan fleksibilitas.

  1. Jalan Santai

Walaupun berjalan terlihat dapat memberi dampak besar pada sendi, terutama sendi kaki, kenyataannya dampak yang diberikan relatif kecil. Berjalan memberi dampak jauh lebih rendah dibandingkan berlari, sehingga dapat menjadi olahraga pilihan ideal bagi seseorang dengan permasalahan pada sendinya.

Walau begitu, jenis ini disarankan apabila kamu mengidap nyeri sendi yang ringan. Berjalan dapat membakar kalori dengan cepat dan merupakan gerakan paling alami yang dilakukan oleh manusia.

Baca Juga: Benarkah Obesitas Dapat Tingkatkan Osteoarthritis?

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh pengidap osteoarthritis. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit sendi ini, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!