• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak

3 Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak pada masa tumbuh kembangnya, ibu sebaiknya perhatikan waktu istirahat anak di siang hari. Tidur siang yang dilakukan oleh anak-anak memiliki manfaat yang akan memengaruhi tumbuh kembang anak.

Baca juga: Kenapa Si Kecil Perlu Tidur Siang?

Dilansir dari National Sleep Foundation, bayi 0-12 bulan membutuhkan waktu tidur 12-17 jam. Anak usia 1-5 tahun membutuhkan waktu tidur 10-14 jam, sedangkan anak usia 6-13 tahun membutuhkan 9-11 jam tidur. Tidak hanya tidur malam, untuk memenuhi kebutuhan tidur, anak-anak memerlukan waktu tidur siang. Tidak hanya perkembangan fisik, memenuhi kebutuhan tidur anak membantu perkembangan mental secara optimal.

Inilah Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak

Selain dapat memenuhi kebutuhan tidur, tidur siang banyak memiliki manfaat yang memengaruhi tumbuh kembang anak, di antaranya:

1. Membantu Ingatan Anak Lebih Baik

Penelitian yang dilakukan oleh Proceedings of The National Academy of Sciences mengungkapkan, anak yang menjalani tidur siang dengan cukup dan baik dapat membantu mereka memiliki ingatan mereka lebih baik terhadap sesuatu yang ia pelajari sebelum tidur siang

2. Menjaga Kesehatan Mental Anak

Anak yang memiliki waktu tidur yang cukup memiliki kesehatan mental yang optimal. Dilansir dari Science Daily, tidak hanya orangtua yang dapat mengalami gangguan tidur, anak-anak yang masih berusia 4 tahun juga rentan alami insomnia. Kurangnya waktu tidur berkaitan langsung dengan gangguan kesehatan mental, seperti depresi, stres, dan gangguan perilaku. Jadi, tidur yang cukup anak juga memiliki suasana hati yang lebih baik.

3. Menjaga Perkembangan Fisik Anak dengan Baik

Dilansir dari Kids Health, tidur siang merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk menjaga pertumbuhan fisik secara optimal. Tidak hanya itu, anak-anak yang memiliki waktu tidur yang cukup akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas atau gangguan jantung. 

Baca juga: Susah Tidur Siang, Bujuk Si Kecil dengan Cara Ini

Anak Dapat Tidur Siang, Ibu Lakukan Tips Ini

Tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan atau bertanya pada dokter anak mengenai waktu tidur anak ketika ibu merasa anak mengalami dampak dari kurang tidur. Ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter anak, kapan saja dan di mana saja.

Terkadang kebiasaan tidur siang bagi anak yang memasuki usia aktif menjadi kebiasaan yang kurang menyenangkan bagi mereka Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajak anak tidur siang, seperti membuat kamar senyaman mungkin, menjaga kebersihan tubuh anak, menceritakan dongeng sebelum anak tidur siang, dan hindari penggunaan perangkat elektronik ketika mendekati waktu anak untuk tidur siang.

Baca juga: Tidur Anak Tidak Nyenyak? Yuk, Kenali Penyebabnya

Selain itu, jadikan tidur siang sebagai rutinitas pada anak dengan mengatur jadwal tidur siang yang sama setiap harinya. Dengan begitu, anak akan mudah menjalani kebiasaan ini. Sebaiknya ibu menghindari memaksa anak untuk tidur siang, hal ini memicu energi anak dan membuat anak semakin sulit untuk tidur siang. Ajak anak secara perlahan dan berlakukan “waktu diam” sebagai perubahan waktu bermain dan waktu tidur siang.

Referensi:
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Much Sleep Do Babies  and Kids Need?
Psychology Today. Diakses pada 2020. Naps Help Kids Learn
Science Daily. Diakses pada 2020. Children’s Sleep, Mental Health are Related
Web MD. Diakses pada 2020. Naptime Know How: A Parent’s Guide
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Impact of Daytime Naps on Children’s Sleep Quality Uncertain