3 Masalah Kulit yang Muncul Sehabis Mudik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Masalah Kulit yang Muncul Sehabis Mudik

Halodoc, Jakarta – Mudik adalah momen yang ditunggu oleh banyak orang saat Lebaran. Tidak heran jika mereka melakukan persiapan matang, bahkan sejak awal puasa, karena tak sabar bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Sebagian orang memilih mudik dengan kendaraan umum (seperti pesawat, bus, kereta, dan kapal), sedangkan sebagian yang lain lebih memilih mudik dengan kendaraan pribadi (seperti mobil dan motor).

Baca Juga: 6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

Saking sibuknya mengurus persiapan mudik, beberapa orang luput memberi perhatian pada kesehatan kulit. Padahal saat mudik, seseorang rentan mengalami masalah kulit akibat paparan debu, polusi udara, sinar UV matahari, dan pendingin udara.

Lantas, apa saja masalah kulit yang rentan muncul sehabis lebaran? Adakah tips yang bisa dilakukan untuk membuat kulit tetap glowing saat dan setelah mudik? Cari tahu jawabannya di sini.

Berbagai Masalah Kulit yang Rentan Muncul Sehabis Mudik

1. Kulit Kering

Terjadi akibat kurangnya asupan cairan dan paparan suhu panas selama mudik. Kulit kering biasanya ditandai dengan permukaan kulit yang terasa kasar dan muncul garis-garis halus pada kulit setelah disentuh. Pada kasus yang lebih parah, kulit kering bisa disertai kemerahan, rasa gatal, hingga terjadi retakan yang berpotensi mengeluarkan darah.

Tips: Penuhi kebutuhan cairan selama mudik, kamu bisa mengakalinya dengan konsep 2-4-2. Yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Kamu dianjurkan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya selama di perjalanan, terutama jika kamu mudik menggunakan motor.

2. Jerawat

Kulit yang kotor, akibat paparan debu dan polusi udara, meningkatkan risiko kemunculan jerawat. Kondisi ini diperparah dengan paparan sinar UV matahari dan produksi minyak berlebih di wajah.

Tips: Bersihkan wajah dua kali sehari, misalnya saat beristirahat di rest area pada siang dan malam hari. Gunakan masker untuk mengurangi paparan debu dan polusi udara ke kulit wajah.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

3. Kulit Terbakar

Akibat paparan sinar UV matahari berlebih, disebut dengan sunburn. Kondisi ini menyebabkan kulit kemerahan, bengkak, terasa perih, hingga melepuh. Biasanya, kulit yang mengalami sunburn akan mengelupas setelah beberapa hari, kemudian membaik dan sembuh setelah satu minggu.

Jika kamu mengalami sunburn, segera kompres air dingin, gunakan pelembap, dan perbanyak minum air putih. Bila perlu, kamu bisa konsumsi obat anti-peradangan (seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin) untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan kulit.

Tips: Oleskan tabir surya minimal SPF 30 secara merata pada kulit dan ulangi penggunaan tiap dua jam sekali agar perlindungan maksimal. Selain itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam dan pakaian panjang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Baca Juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Itulah masalah kulit yang sering muncul sehabis mudik. Kalau kamu punya keluhan selama atau setelah mudik, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!