12 June 2018

Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

mudik dengan transportasi umum, tips mudik sehat, perjalanan mudik sehat

Halodoc, Jakarta – Lebaran sebentar lagi, kegiatan mudik pun menjadi kewajiban yang dilakukan oleh para perantau. Kembali ke kampung halaman menjadi momen setahun sekali yang kerap digunakan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Banyak hal yang perlu disiapkan saat akan menjelang mudik, apalagi jika kamu memilih menggunakan transportasi umum. Mulai dari tiket hingga kesiapan kesehatan, kamu perlu kamu perhatikan dengan baik.

(Baca juga: Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini)

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik saat akan melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum.

 

  • Simpan Tiket di Tempat yang Aman

 

Saat akan melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum, sebaiknya kamu simpan tiket transportasi kamu dengan baik. Selain itu, simpan baik-baik di tempat yang mudah diambil. Jangan lupa siapkan juga kartu identitas berdekatan dengan tiket, sehingga mempermudah petugas saat akan mengecek tiket dan kartu identitas.

 

  • Pisahkan Uang yang Kamu Bawa

 

Jika kamu membawa uang yang cukup banyak dalam perjalanan mudik, sebaiknya pisahkan menjadi beberapa tempat. Letakkan pada tempat yang dirasa aman. Hati-hati pada lingkungan sekitar agar kamu terhindar dari kejahatan. Jika memang dirasa tidak terlalu dibutuhkan uang yang banyak saat perjalanan, sebaiknya kamu membawa uang secukupnya saja. Transaksi menggunakan kartu debit atau kredit saat perjalanan akan meminimalisir tindakan kejahatan.

 

  • Banyak Mengonsumsi Air Putih dan Makanan Bergizi

 

Selama perjalanan sebaiknya perhatikan kesehatan tubuh kamu. Konsumsilah air putih secukupnya agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu, makanlah makanan yang bergizi dan bersih. Biasanya saat perjalanan mudik, kita akan mudah sekali menemui penjual makanan atau minuman. Sebaiknya pilih tempat yang paling bersih jika kamu ingin makan saat perjalanan mudik. Sebaiknya bawa camilan dari rumah seperti buah-buahan atau roti gandum. Selain sehat, kebersihan makanan juga sudah pasti terjaga.

 

  • Tidak Menggunakan Perhiasan yang Berlebihan

 

Ingin terlihat cantik dengan menggunakan perhiasan di kampung halaman boleh saja. Namun jika kamu melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan transportasi umum, sebaiknya kamu tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan. Untuk menghindarkan kamu dari tindakan kejahatan, sebaiknya kamu simpan perhiasan di tempat yang aman terlebih dahulu.

 

  • Bawa Obat-obatan Pribadi

 

Bawalah obat-obatan yang sekiranya akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan kamu saat perjalanan. Misalnya obat anti mabuk yang akan membantu kamu terhindar dari mabuk perjalanan. Siapkan juga vitamin atau suplemen, supaya tubuh kamu tetap segar dan bugar saat perjalanan mudik.

 

  • Istirahat yang Cukup

 

Tidak ada salahnya untuk beristirahat dalam perjalanan mudik, apalagi jika waktu tempuh perjalanan mudik kamu memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika kamu memilih perjalanan pada malam hari, sebaiknya gunakan waktu kosong di perjalanan untuk beristirahat dan tidur. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, tentu energi kamu bisa kembali dan tubuh kamu akan lebih segar.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Selama perjalanan mudik perhatikan lingkungan sekitar dan kenali orang di sekitarmu. Perhatikan kesehatan kamu saat akan melakukan perjalanan mudik dengan transportasi umum. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc jika memiliki keluhan. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!