10 June 2018

6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Kendaraan pribadi (seperti motor dan mobil) tetap menjadi pilihan transportasi favorit bagi sebagian orang, terutama yang sudah berkeluarga. Selain karena lebih praktis, menggunakan kendaraan pribadi saat mudik bisa menghemat pengeluaran dibanding harus membeli tiket transportasi umum (seperti bis, pesawat, dan kereta). Nah, kalau kamu berencana mudik dengan kendaraan pribadi, berikut adalah beberapa persiapan untuk berkendara jauh saat mudik yang perlu diperhatikan:

  1. Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum berangkat, periksa dulu kondisi kendaraan yang ingin digunakan. Mulai dari kondisi radiator, pompa bensin, penyaring udara, pendingin kabin (AC), rem, dan lain-lain. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan layak untuk digunakan, sehingga kamu bisa merasa aman dan nyaman selama perjalanan. Kalau kamu kurang mengerti tentang mesin mobil, sebaiknya datang ke bengkel untuk membantu pengecekannya.

  1. Periksa Kondisi Fisik Pengemudi dan Penumpang

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik pengemudi dan penumpang. Pastikan kondisi kesehatan kamu dan anggota keluarga lain dalam keadaan fit sebelum kamu berkendara jauh. Misalnya dengan memeriksa kondisi kesehatan ke dokter sebelum berangkat mudik dan menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan selama mudik.

  1. Sediakan Obat-obatan

Obat-obatan yang bisa kamu bawa selama perjalanan adalah obat umum (seperti obat sakit kepala, demam, flu, diare, dan lainnya) dan obat-obatan khusus (misalnya mag). Siapkan juga kayu putih, balses, losion nyamuk, hingga termometer untuk berjaga-jaga.

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

  1. Sediakan Bekal Makanan dan Minuman

Untuk mengganjal perut yang lapar, jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman selama di perjalanan. Pilihlah makanan dan minuman sehat yang mengenyangkan, misalnya roti, buah, kacang-kacangan, dan lainnya.

  1. Sediakan Powerbank

Gadget berguna untuk memberikan kabar pada keluarga di kampung halaman dan penunjuk arah selama di perjalanan. Jadi, kamu perlu memastikan daya gadget tetap ada agar bisa digunakan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membawa power bank, yaitu alat yang digunakan untuk mengisi daya smartphone saat kamu sedang berada di luar dan jauh dari sumber listrik.

  1. Siapkan Uang Tunai dan Receh

Uang tunai dan receh sangat penting untuk dibawa saat mudik. Alasannya karena selama di perjalanan atau di kampung halaman, kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan mesin ATM.

Itulah enam persiapan untuk berkendara jauh saat mudik. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar menjaga kesehatan saat mudik, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.