16 January 2019

Ketahui 3 Nutrisi untuk Rheumatoid Arthritis

ketahui 3 nutrisi untuk rheumatoid arthritis

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, risiko seseorang untuk terserang penyakit memang semakin besar. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang tua adalah rheumatoid arthritis atau yang dikenal juga dengan sebutan rematik. Sayangnya, sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan nyeri sendi tersebut. Namun, dengan mengubah gaya hidup, gejala rheumatoid arthritis bisa dikurangi, sehingga pengidap bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari tanpa terganggu. Nah, salah satu perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan oleh pengidap rematik adalah menerapkan pola makan sehat. Mengonsumsi makanan bergizi dianggap memegang peranan penting dalam menyembuhkan penyakit tersebut. Berikut nutrisi yang diperlukan pengidap rheumatoid arthritis.

Mengenal Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis atau rematik adalah kondisi peradangan dan pembengkakan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, karena disebabkan oleh kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dalam tubuh itu sendiri. Pengidap rematik akan mengalami gejala-gejala berupa nyeri sendi di kedua sisi tubuh, area sendi menjadi merah, serta bengkak dan terasa panas. Pada kasus yang lebih parah, rheumatoid arthritis dapat menyebabkan kelumpuhan.

Nutrisi yang Penting untuk Rheumatoid Arthritis

Menerapkan pola makan sehat merupakan perawatan dasar yang bertujuan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gejala yang bisa muncul akibat rheumatoid arthritis, serta mencegah penyakit tersebut menyebar dan menimbulkan komplikasi.

1. Antioksidan

Oksidasi yang terjadi dalam tubuh bisa menghasilkan radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Proses ini bisa membuat kondisi rheumatoid arthritis semakin parah. Karena itu, untuk mencegah bahaya oksidasi, kamu perlu memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang mampu menghilangkan radikal bebas yang merusak dan mengurangi peradangan. Beberapa jenis antioksidan yang cukup populer adalah vitamin A, C, dan E, serta mineral selenium. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan, antara lain:

  • Sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti kangkung, bayam, buah bit, blueberry, dan cranberry.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang pecan dan kacang kenari.

  • Rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, dan kunyit.

Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, proses oksidasi dan peradangan dapat diperlambat dan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis pun bisa berkurang.

2. Serat

Pengidap rheumatoid arthritis juga perlu memastikan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuhnya terpenuhi dengan baik setiap hari. Menurut sebuah penelitian, makanan yang kaya akan serat bisa mengurangi jumlah C-reactive protein (CRP), yaitu protein yang menyebabkan peradangan dalam tubuh meningkat. Jadi, untuk mengurangi peradangan pada sendi yang bisa menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa, konsumsilah makanan tinggi serat secara rutin, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

Baca juga: 6 Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

3. Flavonoid

Nutrisi lainnya yang juga sangat penting untuk pengidap rematik adalah flavonoid. Senyawa ini berperan dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga nyeri sendi dan pembengkakan akibat rheumatoid arthritis bisa berkurang. Makanan sumber flavonoid, antara lain sayuran, seperti brokoli, buah, misalnya anggur, teh hijau, dan cokelat hitam atau dark chocolate.

Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Rheumatoid Arthritis

Selain banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tiga nutrisi penting di atas, pengidap rheumatoid arthritis juga perlu menghindari makanan yang bisa memicu peradangan. Makanan yang perlu dihindari pengidap, antara lain makanan berkarbohidrat yang menggunakan tepung, makanan manis, makanan berlemak, dan makanan pedas, karena bisa menyebabkan peradangan.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Bagi Pengidap Rheumatoid Arthritis

Nah, itulah nutrisi yang baik yang dapat membantu meringankan penyakit rheumatoid arthritis. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa mendapatkan asupan tersebut dengan mengonsumsi suplemen. Namun, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter bila ingin mengonsumsi suplemen tertentu. Beli suplemennya di Halodoc saja. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.