3 Olahraga yang Bisa Redakan Nyeri Tumit Plantar Fasciitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Olahraga yang Bisa Redakan Nyeri Tumit Plantar Fasciitis

Halodoc, Jakarta – Nyeri tumit akibat plantar fasciitis bisa disembuhkan dengan melakukan jenis olahraga tertentu. Plantar fasciitis merupakan jenis penyakit yang menyerang jaringan penghubung pada tumit dengan jari-jari kaki. Bagian penghubung ini disebut plantar fascia. Lantas, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri akibat kondisi ini? 

Baca juga: Ini 4 Cara Atasi Sakit Akibat Plantar Fasciitis

Jaringan plantar fascia memiliki fungsi sebagai peredam getaran, penyangga telapak kaki, serta membantu proses berjalan pada seseorang. Nyeri pada jaringan ini disebabkan oleh tekanan yang terlalu banyak dan pada beberapa kondisi bisa menyebabkan cedera atau robek pada bagian tersebut. Cedera yang terjadi akibat terlalu banyak tekanan bisa memicu terjadinya peradangan dan nyeri pada tumit. 

Umumnya, tekanan penyebab penyakit ini terjadi secara berulang dan menimbulkan cedera atau robekan kecil pada jaringan. Cedera pada jaringan ini yang kemudian menimbulkan nyeri serta pembengkakan pada area tumit. Ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko penyakit ini menyerang, mulai dari usia, plantar fasciitis rentan menyerang orang yang berusia 40 hingga 60 tahun. Selain itu, orang yang mengidap obesitas alias kelebihan berat badan juga berisiko mengalami penyakit ini. 

Plantar fasciitis juga bisa terjadi karena aktivitas fisik atau olahraga yang banyak memberi tekanan pada tumit. Kondisi ini terjadi karena olahraga yang memberi tekanan berlebih pada tumit, misalnya lari jarak jauh, aerobik, dan balet. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya juga bisa ditangani dengan melakukan olahraga tertentu, lho. 

Baca juga: Inilah Gejala dan Penyebab Plantar Fasciitis

Meredakan Nyeri Tumit Plantar Fasciitis dengan Olahraga 

Rasa sakit yang muncul di tumit akibat penyakit ini ternyata bisa diredakan dengan melakukan olahraga tertentu. Jenis olahraga yang dilakukan bertujuan untuk meregangkan otot betis dan plantar fascia. Kamu bisa meredakan nyeri tumit plantar fasciitis melakukan olahraga dengan cara: 

1. Memanfaatkan Handuk

Olahraga pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan handuk. Lakukan hal ini setiap pagi, sebelum bangun dari tempat tidur melingkarkan handuk di sekitar bantalan telapak kaki. Kemudian, gunakan handuk untuk menarik jari kaki ke arah tubuh. Selama melakukan hal ini, usahakan agar lutut tetap lurus dan tahan posisi selama 30 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali pada masing-masing kaki. 

2. Bantuan Kursi 

Selain olahraga dengan handuk, nyeri plantar fasciitis juga bisa diatasi dengan olahraga menggunakan kursi. Lakukan hal ini dengan duduk di atas kursi, kemudian angkat dan letakkan kaki yang nyeri di atas lutut kaki lainnya. Setelah posisi kaki terasa nyaman, tarik jari-jari ke arah tubuh sampai bisa merasakan peregangan pada betis dan kaki. Ulangi sebanyak tiga kali pada masing-masing kaki dan tahan posisi selama 15–20 detik. 

3. Bantuan Dinding 

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berdiri menghadap dinding, kemudian letakkan kedua telapak tangan ke dinding. Kemudian, posisikan telapak kaki menyentuh lantai bersamaan dengan meluruskan lutut kanan serta tekuk lutut kiri. Pastikan kaki kanan berada di belakang sementara kaki kiri di depan. Setelah posisi sempurna, condongkan tubuh ke depan dengan mendorong panggul ke arah dinding sampai otot betis terasa kencang

Baca juga: Atlet Lari Terancam Kena Plantar Fasciitis pada Tumit

Masih penasaran tentang nyeri tumit plantar fasciitis dan olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!