• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Orang Dewasa Muda Rentan Alami Kecemasan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Orang Dewasa Muda Rentan Alami Kecemasan

3 Penyebab Orang Dewasa Muda Rentan Alami Kecemasan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 November 2021
3 Penyebab Orang Dewasa Muda Rentan Alami Kecemasan

“Gangguan kecemasan bisa dialami siapa saja, termasuk usia dewasa muda. Ada beberapa penyebab yang dapat memicu kecemasan di usia dewasa muda, seperti tingkat stres, kebiasaan buruk, kekurangan nutrisi dan vitamin, serta memiliki riwayat penyakit tertentu.”

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tetap optimal. Gangguan kesehatan mental dapat dialami oleh siapa saja, tetapi ada beberapa kelompok usia yang rentan mengalami gangguan kesehatan mental, salah satunya orang dewasa muda.

Ada berbagai gangguan kesehatan mental yang rentan dialami orang dewasa muda salah satunya adalah kecemasan atau gangguan cemas. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menurunkan kualitas hidup pengidapnya. Yuk, ketahui lebih banyak mengenai penyebab dan cara menanganinya.

Baca juga: Inilah 6 Kondisi yang Termasuk Gangguan Kecemasan

Penyebab Alami Gangguan Kecemasan

Tentunya sangat wajar dan normal apabila kamu merasakan cemas. Apalagi jika kamu berada di situasi yang tidak nyaman atau tertekan. 

Sebaiknya waspada jika rasa cemas yang dialami tidak kunjung membaik dalam waktu beberapa hari dan disertai dengan nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, gangguan tidur, hingga rasa takut yang berlebihan. 

Kondisi tersebut bisa menandakan kamu mengalami kecemasan atau gangguan cemas. Gangguan cemas merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang perlu diatasi. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk orang dewasa muda.

Lalu, apa yang menyebabkan orang dewasa muda rentan mengalami gangguan kecemasan? Berikut penyebabnya, yaitu:

  1. Stres

Stres yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan kamu mengalami kecemasan. Mulai dari kondisi ekonomi, keluarga, hingga riwayat kesehatan menjadi hal yang dapat memicu stres. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kecemasan yang lebih buruk.

Baca juga: 5 Kondisi yang Bisa Sebabkan Gangguan Kecemasan

  1. Sering Melewati Waktu Makan

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu kecemasan saat usia muda, misalnya sering melewati waktu makan.

Nah, kebiasaan ini memicu risiko kekurangan asupan sehingga rentan alami gangguan cemas. Memenuhi kebutuhan vitamin D, B kompleks, C, kalsium, magnesium, dan zinc membantu mencegah risiko gangguan kecemasan pada usia dewasa muda.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa mendapatkan vitamin yang dibutuhkan melalui aplikasi Halodoc. Spesial Hari Kesehatan Nasional kamu bisa mendapatkan diskon sampai dengan 60% ditambah kupon sampai dengan Rp11.000 dan gratis ongkir hanya di Halofest!

Bagi kamu pengguna baru, dapatkan gratis ongkir Instan hingga Rp18.000 dengan menggunakan kode “HALOONGKIR”. Penawaran ini khusus untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Toko Kesehatan Halodoc setiap harinya dengan minimal pembelian Rp100.000. 

  1. Memiliki Riwayat Kesehatan Tertentu

Bukan hanya kelompok usia lanjut, usia dewasa muda kini juga rentan mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti diabetes atau gangguan jantung yang dapat memicu seseorang mengalami kecemasan.

Untuk menghindari gangguan kecemasan yang disebabkan oleh penyakit kronis, sebaiknya lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter agar kondisi kesehatan semakin membaik dan optimal.

Kamu bisa menggunakan Halodoc untuk beli obat sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter di Toko Kesehatan Halodoc. Kini belanja di toko Halodeals diskon sampai dengan 60%. Gratis ongkir Standard (tiba 1 – 4 hari) seharga Rp12.000 minimum pembelian Rp100.000 dengan menggunakan kode “HALODEALS” berlaku untuk pembelian melalui toko Halodeals.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Gangguan Kecemasan Mendapatkan Perawatan?

Kamu juga bisa belanja semua produk lainnya di Toko Kesehatan Halodoc dan dapatkan potongan langsung sebesar Rp11.000 dengan minimum pembelian Rp100.000. 

Tunggu apalagi? Semua promo Halodoc bisa digunakan untuk periode 8-12 November 2021. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Anxiety Disorder.
Journal of Affective Disorder. Diakses pada 2021. Vitamin D and Depression.
Health Shots. Diakses pada 2021. Time to change: These 6 Common Habits Can Make Your Anxiety Worse.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Top 10 Evidence Based Supplements for Anxiety.