• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

Halodoc, Jakarta - Merawat hewan peliharaan bukan hanya sekedar memberi makan saja. Sebagai pemelihara, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan serta kesehatan psikis hewan peliharaanmu. Menjaga kebersihan anjing bisa kamu lakukan dengan rutin memandikannya atau membawanya ke salon khusus hewan peliharaan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan psikisnya?

Hampir sama dengan manusia, anjing juga memiliki potensi stres. Stres pada anjing bisa terjadi karena faktor eksternal dari lingkungan tempat tinggal. Untuk menjaga kesehatan psikisnya, mengajak jalan-jalan adalah salah satu langkah terbaik. Berikut ini manfaat mengajak jalan peliharaan.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

1.Mencegah Stres pada Anjing

Manfaat mengajak jalan peliharaan yang pertama adalah mencegah stres pada anjing. Sama halnya dengan manusia, stres pada anjing dapat berubah menjadi depresi dan mengganggu kesehatan fisiknya. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, cobalah untuk lebih sering menghabiskan waktu bersama mereka. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk liburan, setidaknya ajak anjingmu berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan setiap hari. 

2.Anjing Menjadi Lebih Penurut

Jika anjingmu tidak mau menuruti perintah kamu, coba ajak ia berjalan-jalan. Membuat anjing menjadi lebih penurut menjadi manfaat mengajak jalan peliharaan selanjutnya. Dengan jalan-jalan atau bermain, hal tersebut dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental anjing. Sama halnya dengan manusia, anjing juga membutuhkan jalan-jalan atau bermain secara berkala.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

3.Baik untuk Kesehatan Fisik Anjing

Bukan hanya urusan perut saja, anjing juga perlu diajak jalan-jalan untuk melatih kebugaran fisiknya. Membiarkan anjing tidak aktif bergerak akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit akibat stres. Selain mengajaknya berjalan-jalan di luar rumah, kamu bisa memikirkan untuk mengajaknya liburan, seperti pergi ke tempat wisata yang bisa membawa peliharaan.

4.Meningkatkan Ikatan Batin

Manfaat mengajak jalan peliharaan yang terakhir adalah meningkatkan ikatan batin antara hewan peliharaan dan pemelihara. Jangan salah, ikatan batin bukan hanya muncul dari hubungan antar manusia saja, tetapi juga bisa terjalin dari hewan dan pemeliharanya. Dengan ikatan batin yang kuat, hal tersebut akan mempermudahmu untuk mengetahui jika ia sedang sakit. Bonding akan membuatmu lebih mudah memahami maksud yang diutarakan hewan peliharaan dengan bahasa tubuhnya.

Nah, mengajaknya berjalan-jalan atau bermain menjadi salah satu cara memperkuat ikatan batin tersebut. Menghabiskan waktu bersama membuat kamu lebih mudah untuk merawat hewan peliharaanmu, karena ia akan lebih tergantung pada pemeliharanya. Selain meningkatkan kesehatan psikisnya, berjalan-jalan dan bermain dapat menjaga kebugaran tubuhnya. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mengajak peliharaanmu berjalan-jalan akhir pekan nanti?

Baca juga: Fakta Seputar Hewan Peliharaan dan Virus Corona

Hal yang harus diperhatikan saat membawa anjing jalan-jalan adalah menyediakan makanan sendiri yang dibawah dari rumah, serta membawa plastik sebagai wadah kotoran anjing jika ia buang air besar sembarangan. Sebagai pemelihara, kamu juga perlu bertanggung jawab dengan kotoran hewan peliharaan saat ia buang air pada tempat yang tidak tepat.

Jika anjing justru rewel atau galak saat berada di tempat umum, kamu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ingat, mengajak jalan peliharaan penting hukumnya, agar ia tidak stres dan menjadi brutal saat lepas kandang. 

Referensi:
Dokterhewan.co.id. Diakses pada 2020. Agar Anjing Tetap Sehat Setelah Diajak Bepergian.
Pet Food Indonesia. Diakses pada 2020. Inilah Alasannya Anjing Pun Perlu Diajak Jalan-Jalan.