4 Bahaya Makeup Kadaluarsa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
makeup, kadaluarsa, makeup kadaluarsa, bahaya makeup, kosmetik kadaluarsa

Halodoc, Jakarta – Setiap jenis kosmetik biasanya dilengkapi oleh tanggal kadaluarsa. Para pengguna kosmetik tidak disarankan untuk menggunakan kosmetik setelah masa kadaluarsanya berakhir. Namun, tidak sedikit perempuan yang masih nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah melewati tanggal kadaluarsa dikarenakan berbagai alasan. Seperti, tidak terasanya efek yang dirasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya.

Padahal, bahaya kosmetik kadaluarsa bisa jadi kandungannya berubah  menjadi bersifat toxic alias beracun. Salah satu ciri make up yang sudah kadaluarsa yang perlu kita sadari yaitu dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan kosmetik kadaluarsa tentu akan membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit.

“Dalam kasus paling ringan, kosmetik kadaluarsa hanya tak lagi bisa dipakai sebagaimana mestinya. Dalam kasus yang ekstrem, kosmetik kadaluarsa menyebabkan iritasi kulit, dermatitis, reaksi alergi, dan infeksi,” jelas dr. Jeremy Cumpston, direktur Ageless Clinics asal Sydney, Australia.

Simak poin di bawah ini agar lebih yakin tentang adanya bahaya menggunakan make up kadaluarsa.

 

 

1. Muncul Jerawat

 

Bahaya yang paling mudah terjadi jika menggunakan kosmetik kadaluarsa adalah munculnya jerawat pada kulit wajah kamu. Perlu kamu ketahaui bahwa kandungan minyak pada kosmetik wajah seperti foundation ataupun cream blush yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengumpul pada lapisan teratas.

Sehingga, ketika kamu menggunakannya, berarti kamu memulaskan produk makeup dengan kandungan minyak tinggi yang akan menyumbat pori-pori wajah kamu. Dengan pori-pori wajah yang tersumbat, tentu akan muncul jerawat pada kulit wajah kamu. Kalau kamu ingin wajah kamu bebas dari jerawat, maka jangan gunakan produk make up yang sudah kadaluarsa.

 

2. Iritiasi Kulit

 

Selain jerawat, risiko yang akan terjadi jika menggunakan make up kadaluarsa yaitu iritasi kulit. Hal ini dikarenakan produk makeup yang sudah kadaluarsa memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi. Nah, bakteri inilah yang akan bereaksi dengan kulit sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah kamu, seperti bintik-bintik merah, kemerahan, hingga kulit yang mengelupas.

 

3. Masalah Mata

 

Menggunakan kosmetik mata yang sudah kadaluarsa juga akan menimbulkan masalah pada area mata kamu. Hal ini disebabkan adanya kontak langsung antara penumpukkan bakteri pada produk kosmetik yang kadaluarsa dengan area mata kamu, baik kelopak mata ataupun bulu mata.

Dengan begitu, tentunya kamu bisa mengalami masalah mata mulai dari terasa perih, mata menjadi berair, mata memerah, hingga muncul bisul/jerawat di area mata kamu. Bukan hanya itu saja, kamu juga berisiko mengalami infeksi mata yang memerlukan perawatan khusus.

 

4. Pembengkakan Bibir

 

Bibir kamu akan terasa perih, bertekstur kasar, kering, pecah-pecah, bahkan membengkak jika menggunakan lipstik yang kadaluarsa. Kamu tentunya tidak ingin memiliki bibir yang terlihat tidak sehat, kan? Oleh karena itu, selalu perhatikan tanggal kadaluarsa lipstik, liquid lipstick, lip gloss, dan lip balm yang kamu gunakan.

Tak peduli berapapun harga makeup, jika memaksa menggunakan lipstik kadaluarsa hanya akan merusak kulit. Mulai sekarang telitilah dalam menggunakan makeup. Namun jika kamu sudah terlanjur menggunakan makeup yang kadaluarsa dan mengalami dampaknya, maka segeralah melakukan tanya jawab dengan dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan memberikan saran sesuai kendala yang kamu alami. Tanpa perlu keluar rumah, di aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya jawab dengan cara Chat atau Voice Call/ Video Call kapan saja dan di mana saja. Rasakan kemudahan mengatasi kesehatan dengan download aplikasi Halodoc.

 

Baca juga: