26 April 2018

5 Manfaat Berhenti Pakai Makeup

5 Manfaat Berhenti Pakai Makeup

Halodoc, Jakarta – Merias wajah (makeup) identik dengan kaum hawa. Jika didefinisikan, makeup adalah kegiatan untuk mempercantik penampilan dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Temanya bisa berbeda-beda, bergantung pada kegunaan makeup itu sendiri. Misalkan makeup khusus ke wisuda, kondangan, tunangan, dan menikah.

Ada banyak alasan kenapa orang menggunakan makeup. Mulai dari “tuntutan” pekerjaan, hobi, hingga ingin menambah rasa percaya diri. Bahkan tak jarang, beberapa orang menggunakan makeup karena merasa tak percaya diri dengan wajah aslinya. Boleh-boleh saja sih, tapi bukan berarti kamu terus menggunakan makeup. Sebab bagaimanapun, kulit wajahmu tetap butuh “bernapas”. Jika kamu belum yakin, simak penjelasan tentang manfaat tidak pakai makeup berikut ini, yuk! (Baca juga: 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel)

1. Kulit Bernapas Lega

Kulit wajah juga butuh beristirahat dari bahan-bahan kimia makeup. Itu sebabnya setelah menggunakan makeup, kamu perlu membersihkannya agar kulit bisa segera bernapas. Karena jika digunakan terus-menerus, lapisan makeup di wajah bisa menyumbat pori-pori dan mengganggu sirkulasi oksigen di wajah yang bisa memicu munculnya jerawat.

2. Pori-pori Tersamarkan

Saat kamu tidak menggunakan makeup, pori-pori akan bernapas dengan baik sehingga membuat pori-pori tidak membesar, bertambah, dan wajah tampak lebih halus. Jadi, kalau kamu punya keluhan dengan pori-pori wajah, kamu perlu menyediakan waktu tanpa makeup agar kulit wajah dan pori-porimu bisa bernapas.

3. Kerutan Berkurang

Jika digunakan saat tidur, polusi dan makeup di wajah bisa meresap ke dalam pori-pori kulit dan menghambat kerja kolagen (protein yang berperan untuk menunda proses penuaan pada kulit) serta elastin kulit (jaringan tubuh yang berperan untuk menjaga kekencangan kulit). Itu sebabnya kebiasaan pakai makeup saat tidur bisa mempercepat proses penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah.

(Baca juga: Bukan Kemayu, Ini Alasan Pria di Korea Suka Merawat Kulit)

4. Mengurangi Risiko Infeksi dan Alergi

Tanpa disadari, riasan pada mata (seperti eyeliner dan maskara) juga bisa menimbulkan infeksi. Ini karena tabung maskara menyimpan kuman dan bakteri yang dapat mengiritasi mata dan memicu infeksi seperti konjungtivitis. Karena alasan ini lah kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan alat kosmetik khusus mata secara bergantian. Bahkan, jika tidak terbiasa menggunakan makeup, bahan kimia yang terkandung di dalamnya juga bisa memicu alergi yang ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, bahkan luka bakar.

5. Kulit Lebih Sehat

Tumpukan bahan kimia pada makeup bisa menghambat proses regenerasi kulit, sehingga membuat wajah tampak kering dan kusam. Oleh karena itu, kamu perlu membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa makeup. Sebab, hal ini bisa mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak segar dan awet muda.

Sebelum membeli makeup, ada baiknya kamu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu. Sebab, apa yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kamu. Nah, jika kamu sering menggunakan makeup, ada baiknya kamu lebih ekstra dalam merawat kulit, misalkan dengan mengonsumsi vitamin khusus untuk kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu pesan vitamin yang kamu butuhkan melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar. Kamu hanya perlu menunggu di rumah sampai pesanan kamu tiba. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga. (Baca juga: 4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit)