18 May 2019

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

Halodoc, Jakarta – Puasa terbukti bermanfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menurunkan berat badan, mengurangi risiko terkena penyakit, membantu menghilangkan kecanduan terhadap jenis makanan tertentu (seperti gula dan kopi), serta meningkatkan suasana hati. Salah satu kegiatan khas di bulan Ramadan adalah ngabuburit.

Kebanyakan orang melakukan ngabuburit untuk membeli takjil, sehingga tak jarang, jalanan menjadi padat dan macet. Jika kamu malas berada di tengah kemacetan atau malah berbuka di jalan karena padatnya lalu lintas, berikut kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan:

Baca Juga: Menjelang Waktu Berbuka, Ini Tips Ngabuburit Sehat

1. Masak

Memasak bisa menjadi kegiatan pilihan saat ngabuburit. Mulai dari menyiapkan takjil (seperti gorengan atau es buah) hingga makanan utama. Keunggulan dari memasak di rumah adalah, kamu bisa menjamin kebersihan masakan yang dibuat dan disesuaikan dengan selera pribadi. Namun, kamu perlu memastikan makanan yang dimasak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setelah kurang lebih 12 jam berpuasa.

Menu buka puasa yang bisa dibuat di rumah adalah buah segar (seperti kurma), jus, smoothies, dan aneka sup. Sebaiknya menu yang dibuat mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Beberapa makanan yang perlu dihindari saat berbuka adalah makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan minuman berkafein.

Baca Juga: Aktivitas Ngabuburit Seru untuk Ibu Hamil

2. Beres-Beres Rumah

Ngabuburit sambil beres-beres rumah, kenapa tidak? Meski terkesan melelahkan, membersihkan rumah bermanfaat bagi kesehatan sekaligus mengisi waktu luang menjelang waktu berbuka. Manfaat beres-beres rumah antara lain untuk membakar kalori, mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, mengurangi alergi, dan memperbaiki suasana hati.

3. Nonton Film

Kamu bisa mengisi waktu menjelang berbuka dengan nonton film, mendengarkan lagu, atau mendengarkan ceramah agar lebih bermanfaat. Selain menghilangkan penat, aktivitas ini juga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi, mengasah keterampilan analisis, dan memberikan inspirasi. Nonton film juga bisa menjadi terapi kesehatan karena mampu mengurangi stres, gangguan mood, hingga depresi yang mengganggu kelancaran berpuasa.

4. Olahraga

Olahraga perlu dilakukan saat puasa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah menjelang waktu berbuka. Kamu cukup melakukannya selama 20-30 menit dengan intensitas olahraga ringan agar tidak kelelahan dan dehidrasi.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan sebelum makan (termasuk saat ngabuburit) bisa membantu membakar lemak lebih banyak. Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah jalan santai, bersepeda, joging, dan yoga.

Baca Juga: 5 Ide Ngabuburit Sehat yang Bisa Dilakukan dengan Anak

Itulah kegiatan ngabuburit bermanfaat yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit adalah membaca, berkebun, dan perawatan wajah. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!