Menjelang Waktu Berbuka, Ini Tips Ngabuburit Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Menjelang Waktu Berbuka, Ini Tips Ngabuburit Sehat

Halodoc, Jakarta - Menjelang waktu berbuka adalah puncaknya rasa lapar saat sedang berpuasa. Mengisi waktu sambil menunggu berbuka puasa alias ngabuburit ternyata berguna loh untuk menghalau rasa lapar. Selain bisa mendistraksi rasa lapar, ngabuburit juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Lantas, aktivitas menyehatkan apa  saja ya yang bisa dilakukan sambil ngabuburit? Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: 6 Uniknya Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia

1. Membaca Buku

Salah satu aktivitas yang seru sekaligus menyehatkan adalah membaca buku. Kamu bisa membaca novel, komik, cerpen, ensiklopedia, atau membaca segala berita di sosial media. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, membaca buku juga bisa melepaskan stres. Sebuah studi bahkan menyebutkan kalau membaca buku bisa menunda rasa lapar dan haus, sekaligus mencegah penyakit alzheimer.

2. Memasak

Aktivitas seperti memotong sayuran dan daging ternyata bisa membawa ketenangan. Itu sebabnya, memasak menjadi sarana meditasi bagi orang yang sedang mengalami kecemasan. Memasak juga membuat seseorang lebih fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Sehingga tanpa sadar, memasak bisa mengalihkan berbagai pikiran, khususnya rasa lapar.  

3. Berkebun

Kegiatan berkebun memiliki segudang manfaat kesehatan fisik maupun psikis. Pasalnya, berkebun bisa dikategorikan ke dalam olahraga ringan yang membantu proses pembakaran lemak tubuh. Ini karena saat berkebun, anggota tubuh otomatis bergerak dua kali lebih aktif. Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, memindahkan tanaman, membersihkan tanaman, dan menyiram bisa meningkatkan kekuatan otot. Kegiatan ini ternyata juga bisa meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, sehingga bisa menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

4. Merawat Diri

Mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa dengan memanjakan diri juga memiliki kegunaan. Merawat diri dengan menggunakan masker atau scrub ke wajah dan badan ternyata bisa membuat tubuh lebih rileks.

5. Olahraga Ringan

Kata siapa saat puasa tidak boleh olahraga? Nyatanya, olahraga malah dianjurkan saat sedang berpuasa. Ini karena saat berpuasa, kita akan kehilangan banyak cairan dan nutrisi. Nah, olahraga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat saat menjalankan puasa.

Olahraga pada bulan puasa cenderung berbeda dengan hari biasanya, khususnya pada intensitas dan jenis olahraga. Kamu bisa berolahraga 60 menit menjelang waktu berbuka agar tidak kelelahan. Pilihlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi seperti jogging, bersepeda, berenang, yoga, atau pilates.

6. Membeli Santapan Berbuka dengan Berjalan Kaki

Berjalan kaki untuk membeli takjil bermanfaat untuk kesehatan. Dengan berjalan kaki, respons tubuh meningkat untuk memproduksi insulin dan metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Itu mengapa berjalan kaki bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Berjalan kaki juga bisa mengubah sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang.

Baca Juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

Jadi, itulah beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan menjelang buka puasa. Kalau kamu memiliki keluhan kesehatan, tanyakan saja kepada dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!