03 May 2019

5 Ide Ngabuburit Sehat yang Bisa Dilakukan dengan Anak

5 Ide Ngabuburit Sehat yang Bisa Dilakukan dengan Anak

Halodoc, Jakarta - Puasa pada bulan Ramadan adalah suatu kegiatan yang mengharuskan seseorang untuk menahan haus dan lapar sejak matahari belum terbit hingga matahari terbenam. Seorang muslim harus berpuasa selama 30 hari saat bulan Ramadan tiba. Selain itu, sebagai orangtua, kamu harus mendidik anak kamu sejak dini untuk berpuasa agar kelak dapat menjalani puasa dengan sepenuhnya.

Sejalan dengan menahan rasa lapar dan haus, seseorang juga harus menahan ucapan dan emosinya ketika berpuasa. Maka dari itu, puasa juga salah satu momen pola asuh anak yang baik untuk memberi pelajaran berharga pada anak perihal mengontrol emosi. Selain itu, bulan puasa juga dapat menjadi suatu momen untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak sambil menantikan waktunya berbuka atau ngabuburit.

Baca Juga: Aktivitas Ngabuburit Seru untuk Ibu Hamil

Ngabuburit Sehat Bersama Anak

Sebagai orangtua, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan bersama anak untuk menantikan waktu untuk berbuka puasa. Aktivitas yang dapat mengembangkan kemampuan anak dapat dilakukan agar kreativitasnya berkembang. Selain itu, kamu juga dapat membuat anak untuk membantu menyiapkan menu berbuka sehingga ia tahu perjuangan yang dilakukan untuk membuat makanan yang akan dimakan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat ngabuburit:

  1. Membaca

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak hingga waktunya berbuka adalah membaca. Banyak hal yang dapat diajarkan anak dengan membaca, salah satunya adalah dengan membaca Al-Quran. Membaca kitab suci tersebut dapat memperbanyak pahala dan melancarkan anak dalam mengucapkan lafal Arab. Selain itu, hal tersebut terbukti dapat menurunkan tingkat stres dan risiko terjadinya depresi.

  1. Memasak bersama

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk ngabuburit bersama dengan anak adalah memasak bersama. Kamu dapat mengajarkan anak kamu bagaimana cara untuk membuat suatu masakan hingga makanan tersebut jadi. Ibu dapat mengajarkan anak tentang bagaimana untuk memotong sayuran, mengenalkan berbagai bahan makanan, dan mengajarkannya cara untuk memasak yang benar.

Baca Juga : Menjelang Waktu Berbuka, Ini Tips Ngabuburit Sehat

  1. Bermain ke taman

Kamu dapat menghabiskan waktu bersama dengan anak dengan cara bermain bersama ke taman. Di tempat tersebut, kamu dapat menemani anak untuk memainkan alat-alat yang ada disana. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan keintiman kamu dengan anak. Juga, kamu dapat berolahraga bersama di taman sehingga menjaga kebugaran tubuh bersama.

  1. Membuat kartu lebaran

Cara yang bagus untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa adalah dengan membuat kartu lebaran dengan anak. Hal tersebut dapat meningkatkan tingkat kreativitas anak sekaligus mengajarinya untuk berbagi. Anak ibu akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghias kartu ucapan tersebut dan memilih kata yang pantas untuk mengucapkan selamat lebaran pada orang lain. Hal tersebut membuat anak ibu lebih semangat untuk menjalankan ibadah puasanya.

  1. Bermain bersama

Kamu juga dapat menghabiskan waktu bersama dengan anak dengan cara bermain permainan yang mudah, salah satunya adalah scrabble. Permainan tersebut dapat meningkatkan kemampuan kosakata dalam bahasa inggris anak sehingga membuat ia lebih banyak menerima pengetahuan baru. Selain itu, kamu dapat membuat anak menjadi lebih cerdas dengan hal tersebut.

Baca Juga : Jelang Puasa, Lakukan Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit bersama anak. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!