• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kelainan Jantung Akibat Sindrom Noonan

4 Kelainan Jantung Akibat Sindrom Noonan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kesehatan bayi adalah hal yang penting untuk pertumbuhannya. Ternyata, mungkin saja anak ibu mengalami kelainan yang berhubungan dengan pertumbuhan. Gangguan tersebut disebut juga dengan sindrom Noonan. Hal ini juga dapat menyebabkan kelainan jantung.

Gangguan yang menyebabkan cacat lahir disebabkan oleh kelainan genetik ini juga dapat membuat wajah tidak biasa selain kelainan jantung. Terdapat beberapa jenis kelainan pada organ yang memompa darah ke seluruh tubuh tersebut. Berikut adalah pembahasan mengenai beberapa jenis kelainan tersebut!

Baca juga: Ini Penjelasan Sindrom Noonan Disebut Langka

Kelainan Jantung yang Disebabkan Sindrom Noonan

Sindrom Noonan adalah gangguan pada kelainan genetik yang dapat mencegah terjadinya perkembangan normal pada bagian tubuh pengidapnya. Gejala yang umum seseorang mengalami kelainan ini adalah bentuk wajah yang tidak umum, tubuh yang terbilang pendek, serta kelainan jantung.

Gangguan yang dapat menyebabkan kelainan jantung ini dapat disebabkan oleh mutasi genetik. Hal ini terjadi ketika anak tersebut mewarisi salinan gen hasil campuran dari orangtuanya atau warisan. Sindrom ini juga dapat disebabkan mutasi spontan, artinya bukan disebabkan faktor keturunan.

Sudah hal yang umum ketika seseorang mengidap sindrom Noonan akan lahir dengan kelainan jantung yang dapat menimbulkan beberapa gejala utama ketika terjadi. Beberapa masalah ini kemungkinan besar terjadi di kemudian hari. Berikut adalah beberapa jenis kelainan jantung yang disebabkan sindrom Noonan:

  1. Gangguan Katup

Kelainan jantung yang dapat terjadi pada pengidap sindrom Noonan adalah gangguan katup. Hal ini terjadi ketika katup pulmonal mengalami penyempitan, yaitu flap jaringan yang memisahkan bilik kanan bawah (ventrikel) jantung dari arteri yang memasok darah ke paru-paru. Penyakit ini adalah hal yang paling umum terjadi ketika seseorang mengidap sindrom tersebut.

Baca juga: Komplikasi Sindrom Noonan yang Perlu Diketahui

  1. Penebalan Otot Jantung

Terjadinya penebalan pada otot jantung atau hypertrophic cardiomyopathy adalah salah satu kelainan jantung yang dapat terjadi pada pengidap sindrom Noonan. Hal ini merupakan pertumbuhan abnormal sehingga otot jantung lebih tebal dari seseorang yang normal.

  1. Kelainan Struktur Jantung

Cacat pada jantung yang disebabkan oleh sindrom Noonan dapat menyebabkan terbentuknya lubang pada dinding yang memisahkan dua ruang bawah jantung, penyempitan arteri untuk mengalirkan darah dan oksigen, serta penyempitan aorta yang membawa darah dari jantung ke tubuh.

  1. Irama Jantung Tidak Teratur

Gangguan yang berhubungan dengan irama jantung juga dapat terjadi sebagai bagian dari kelainan jantung yang disebabkan oleh sindrom Noonan. Irama jantung yang tidak teratur dapat terjadi pada sebagian orang yang mengidap sindrom yang disebabkan oleh kelainan genetik tersebut.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kelainan jantung yang disebabkan oleh sindrom Noonan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Kamu juga dapat melakukan pemesanan online untuk pemeriksaan fisik pada beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan Halodoc.

Baca juga: Bisakah Sindrom Noonan Dicegah?

Pengobatan Kelainan Jantung yang Disebabkan Sindrom Noonan

Setelah sindrom yang disebabkan kelainan genetik ini dipastikan saat diagnosis, maka pemeriksaan lanjutan pada jantung dilakukan. Hal ini untuk menentukan jenis gangguan jantung yang terjadi. Perawatan yang dibutuhkan juga tergantung dari jenis cacat jantung yang terjadi. Berikut beberapa pengobatan yang dapat dilakukan:

  1. Pada gangguan katup, hal ini mungkin tidak memerlukan perawatan apapun apabila kelainannya ringan. Jika parah, operasi untuk memperluas katup jantung yang sempit atau penggantian katup akan dilakukan.

  2. Jika gangguannya disebabkan penebalan otot, pengobatan seperti beta-blocker atau pembedahan untuk menghancurkan kelebihan otot perlu dilakukan.

  3. Apabila terjadi pembentukan lubang atau gangguan yang terjadi telah parah, mungkin operasi penutupan lubang akan dilakukan.

  4. Tes rutin untuk memeriksa fungsi jantung juga umumnya dilakukan hingga dewasa pada seseorang yang mengidap sindrom Noonan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Noonan syndrome
NHS.uk. Diakses pada 2019. Noonan syndrome