• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Sehat yang Ternyata Kaya Akan Gula

4 Makanan Sehat yang Ternyata Kaya Akan Gula

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Di kala suasana hati sedang tidak menentu, kamu membutuhkan makanan manis untuk mengembalikan mood. Makanan-makanan manis, seperti kue, es krim, permen dinilai mampu meningkatkan mood secara instan. Makanan manis bisa bikin ketagihan, sehingga kamu cenderung kalap saat memakannya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga tidak dianjurkan karena meningkatkan risiko penyakit diabetes akibat kandungan gulanya yang tinggi.

Permen, kue, cokelat, dan es krim lebih sering dijadikan kambing hitam penyakit diabetes. Padahal, ada sejumlah makanan yang dikenal menyehatkan justru mengandung gula yang cukup tinggi. Melansir dari laman Health, ini contoh makanan yang ternyata tinggi gula, yaitu:

Baca Juga: Kenali 6 Makanan Sehat Kekinian yang Lezat dan Bergizi

  1. Yogurt

Beberapa jenis yogurt, terutama yang yogurt rendah lemak dan memiliki rasa mengandung gula yang cukup tinggi. Sumber gula ini diperoleh dari perasa buah-buahan yang dicampurkan ke dalam yogurt. Sebelum membeli yogurt, kamu dapat membaca kandungan yang tertera pada kemasannya. Hindari varietas rasa atau rendah lemak, karena yogurt jenis ini cenderung memiliki lebih banyak gula daripada yogurt biasa. 

Carilah yogurt dengan kandungan gula tidak lebih dari 20 gram per sajian atau beli yogurt plain. Untuk memberikan rasa, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar saat mengonsumsi yogurt. Kamu dapat menambahkan satu sendok gula, madu, atau sirup maple, sehingga dapat mengontrol jumlah pemanis tambahan dalam yogurt.

  1. Granola

Granola sering dipilih oleh seseorang yang sedang menjalankan diet. Tetapi, sebagian besar granola ternyata juga mengandung gula yang cukup tinggi. Apalagi granola sering disandingkan dengan yogurt beraneka macam rasa, tentunya jumlah gula yang dikonsumsi bisa berlipat ganda. Jika kamu ingin mengonsumsi granola yang bebas gula, pilihlah granola polos yang tidak beraroma. Meskipun rasanya tidak enak, granola polos dipastikan tidak mengandung gula tambahan. 

Baca Juga: Perlu Tahu, 7 Menu Makanan Sehat Tradisional

  1. Minuman Olahraga dan Jus Buah

Pertimbangkan lagi kalau ingin membeli minuman olahraga setelah lelah berolahraga. Faktanya, sebotol minuman olahraga rata-rata mengandung lima sendok teh gula. Jus kemasan yang banyak dijual di minimarket dan supermarket memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

Satu botol jus kemasan mengandung 10 sendok teh. Artinya, jus kemasan tidak jauh berbeda dengan sekaleng soda. Jadi, pikir ulang ketika kamu hendak membeli minuman berolahraga atau membeli jus kemasan. Kalau kamu butuh kesegaran setelah berolahraga, lebih baik membuat jus sendiri dengan buah yang segar dan tidak perlu pemanis lain seperti gula atau sirup.

  1. Salad

Salad pada umumnya terdiri dari berbagai macam sayuran atau buah-buahan saja. Di Indonesia, salad buah sedang diminati karena dicampur dengan mayonaise, susu kental manis, dan keju yang melimpah. Alih-alih menyehatkan, salad buah tersebut mengandung gula yang tinggi. Tidak hanya salad buah, dressing salad sayur kini banyak dimodifikasi dengan mencampurkan keju permesan dan mayonaise, sehingga kandungan gulanya juga cukup tinggi. 

Baca Juga: Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Jika kamu punya riwayat diabetes, hati-hati saat memilih makanan meskipun sudah dicap dengan label menyehatkan. Baca kandungan dalam kemasannya terlebih dahulu atau lebih baik membuat makanan sehat di rumah. Kalau kamu punya pertanyaan tentang kandungan gizi makanan tertentu, bisa bertanya ke ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter  kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Health. Diakses pada 2020. These 'Healthy' Foods Have Way More Sugar Than You Thought.
WebMD. Diakses pada 2020. Which Fruits Have the Most Sugar? .