4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Kanker Pankreas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Kanker Pankreas

Halodoc, Jakarta - Saat mengidap penyakit, umumnya kamu merasakan beberapa gejala. Sehingga dengan begitu, kamu bisa melakukan perawatan untuk menyembuhkannya. Namun, bagaimana jika gejala dari penyakit tersebut sulit dideteksi sementara pertumbuhannya bisa sangat cepat? Ini yang terjadi saat kamu mengidap kanker pankreas

Orang yang mengidap kanker pankreas umumnya mengalami gejala umum sebagaimana penyakit lain, yaitu sakit perut atau mual. Padahal saat mengidap kanker pankreas, hal ini karena tumor tumbuh semakin membesar di pankreas dan menekan organ di sekitarnya. 

Baca Juga: Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Sebabkan Kanker Pankreas

Mengenal Lebih Jauh Kanker Pankreas

Gejala kanker pankreas lain yang mungkin bisa mencurigakan adalah rasa sakit seusai makan atau saat berbaring. Selain itu, pengidapnya mengalami penurunan berat badan yang turun drastis akibat sel-sel kanker telah membunuh sel-sel yang sehat.

Kanker pankreas muncul akibat tumor ganas yang muncul di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kondisi ini bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut atau di atas 75 tahun.

Pada tahap yang sudah lebih lanjut lagi, gejala yang muncul dari penyakit kanker pankreas antara lain diabetes, demam dan menggigil, gatal, darah mudah menggumpal, mual dan muntah, gangguan pencernaan, perubahan pola buang air besar, atau hilangnya selera makan. Jika salah satu gejala tersebut kamu alami, maka segera periksakan diri ke dokter. Supaya lebih mudah, kamu bisa loh menggunakan Halodoc untuk buat janji dengan dokter.

Baca Juga: Harus Diwaspadai, Ini 9 Gejala Kanker Pankreas

Mencegah Kanker Pankreas Melalui Makanan

Karena gejala awalnya sulit dideteksi, maka sebaiknya jika kamu memiliki risiko yang tinggi penyakit ini, maka coba lebih rutin konsumsi makanan sehat ini. Sebab makanan sehat ini terbukti ampuh mencegah kanker pankreas, yaitu di antaranya:

  • Buah dan Sayur

Makanan yang tinggi antioksidan seperti buah dan sayur adalah bahan makanan terbaik untuk para pengidap kanker pankreas. Oleh karena itu, World Cancer Research Fund International merekomendasikan agar buah dan sayur masuk ke dalam menu makanan setidaknya 5 porsi. 

Pilihan buah dan sayur tersebut bisa seperti buah, beri, jeruk, dan buah yang mengandung antioksidan tinggi lain. Sedangkan untuk sayur, jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah yang terbaik. 

  • Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan sumber polifenol yang tinggi sehingga bersifat antikanker. Tidak hanya bermanfaat untuk pengidap kanker, minuman sehat ini baik bagi pengidap penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau mampu meningkatkan kesehatan pengidap Alzheimer dan bersifat antimikroba.

  • Protein Tanpa Lemak

Pengidap kanker pankreas membutuhkan asupan protein tanpa lemak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Pasalnya, protein tanpa lemak mampu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak. Nah, sumber protein tanpa lemak yang bisa dikonsumsi antara lain telur, selai kacang, tahu, ikan, dan daging unggas.

  • Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks yang kaya serat tidak meningkatkan kadar gula darah secepat karbohidrat sederhana. Oleh karena itu, mereka yang mengidap kanker pankreas mendapatkan asupan energi yang tinggi tanpa mesti khawatir. Karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan kesehatan pengidap kanker tersebut. Sumber karbohidrat kompleks tersebut yaitu kentang, kacang polong, kacang-kacangan (tidak digoreng), oatmeal, dan beras merah.

Baca Juga: 3 Pilihan Pengobatan untuk Kanker Pankreas