4 Olahraga Simpel agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Olahraga Simpel agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Halodoc, Jakarta - Siapa bilang memiliki tubuh sehat itu sulit? Kamu butuh olahraga agar tubuh selalu sehat. Namun, rasa malas kerap menjadi alasan untuk mulai berolahraga. Terlalu letih setelah beraktivitas selama lima hari penuh juga sering kali menjadi penghambat terbesar untuk kamu berolahraga di akhir pekan.

Padahal, kamu perlu memperhatikan kesehatan tubuh dengan berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya. Tidak harus dengan mengunjungi pusat kebugaran atau melakukan olahraga berat hingga berjam-jam, kamu hanya perlu melakukan olahraga sederhana ini.

Zumba

 

 

Zumba memiliki gerakan yang melibatkan semua anggota tubuh. Olahraga yang lagi digandrungi wanita ini dapat membuat tubuh sehat. Dipopulerkan pertama kali oleh Alberto Perez, seorang pemandu senam aerobik asal Kolombia, olahraga ini menggunakan irama musik menghentak dengan tempo cepat dan membuat tubuh menjadi bersemangat untuk bergerak.

Tidak harus mengikuti zumba di sanggar senam, olahraga ringan ini bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa mengunduh musik-musik bertempo cepat dari internet atau mencontoh gerakan-gerakan zumba sari YouTube. Lakukan olahraga ini rutin setiap pagi sebelum kamu beraktivitas, termasuk di akhir pekan.

 

Jogging

 

Tidak suka zumba? Tenang, masih banyak olahraga ringan dan simpel lainnya yang bisa kamu lakukan, seperti misalnya jogging atau berlari kecil. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini adalah pagi hari, ketika jalanan masih cukup lengang dan udara masih terasa segar. Untuk mengawalinya, kamu bisa berlari-lari kecil mengelilingi lapangan, dan tingkatkan jaraknya setiap seminggu sekali. Cukup 30 menit setiap hari, maka memiliki tubuh sehat tak lagi menjadi mimpi belaka.

Berjalan Kaki

 

 

Sederhana, tetapi tidak banyak orang yang menyadari bahwa berjalan kaki memiliki manfaat yang begitu banyak untuk menunjang kesehatan tubuh. Studi mengatakan bahwa rutin berjalan kaki membuat jantung lebih sehat, karena organ ini melakukan tugasnya dalam memompa darah dengan lebih optimal. Berjalan kaki setiap hari, tubuh bisa membakar kalori cukup banyak. Jadi, biasakan berjalan kaki, yuk!

Yoga

 

 

Tak hanya zumba, yoga juga kini menjadi jenis olahraga yang digemari semua kalangan, terutama wanita. Telah ada sejak 5000 tahun yang lalu, yoga tak hanya membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga satu ini juga membantu kamu untuk bisa lebih rileks. Berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti “penyatuan”, setiap gerakan yoga saling berkesinambungan antara jiwa dan raga.

Cara melakukan yoga itu mudah. Kamu hanya perlu area yang cukup luas untuk diri sendiri. Tak perlu menggunakan matras yoga, karena kamu bisa melakukan gerakan olahraga ini meski beralaskan lantai. Bahkan, yoga bisa kamu lakukan di kantor, di halte bus sembari menunggu bus, atau di rumah.

Memiliki tubuh sehat bukan hal yang sulit, yang terpenting perlu niat dan kemauan untuk berolahraga dan rutin melakukannya. Malas berolahraga akan membuat tubuh kamu mudah lelah, lesu, tidak bertenaga, dan memicu datangnya stres lebih cepat.

Selain berolahraga, kamu perlu mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Asupan vitamin C penting, dan barengi dengan mengonsumsi makanan bergizi setiap harinya. Supaya lebih mudah, kamu bisa membeli vitamin melalui layanan Apotek Antar dari aplikasi Halodoc. Tentunya, kamu harus download aplikasi Halodoc terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan yang ada. Yuk, mulai biasakan hidup sehat!

 

Baca juga: