19 June 2018

7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

manfaat zumba untuk kesehatan, manfaat senam zumba, alasan orang suka zumba, kenapa zumba disarankan untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta – Menurut penelitian dari American Journal of Health Behavior, manfaat zumba untuk kesehatan bagi wanita yang mengidap diabetes tipe 2 dan obesitas ialah penurunan berat badan 1,5-2 kilogram serta persentase lemak di dalam tubuh sebesar 1 persen ketika  melakukan zumba tiga kali seminggu selama empat bulan.

Satu hal yang membuat orang seringkali menjadikan olahraga sebagai beban karena anggapan kalau olahraga adalah kewajiban atau tugas, sehingga lama-lama ada rasa jenuh dan olahraga menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan lagi. Ternyata ada perbedaan melakukan olahraga sambil mendengarkan musik yaitu keriangan musik yang cepat menular dan membuatmu tidak berhenti untuk bergerak. (Baca juga: 4 Manfaat Menonton Film Horor)

Zumba sebagai salah satu olahraga ataupun senam yang menggunakan musik memiliki manfaat kesehatan yang lebih unik lagi dimana melakukan zumba memberikan efek menyenangkan relaksasi yang membuat orang senang untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. Untuk mengetahui manfaat zumba bagi kesehatan lainnya terangkum dalam uraian di bawah ini.

  1. Pembakaran Kalori dan Lemak

Pada intinya, zumba ialah latihan kardio yang memberikan pembakaran kalori besar melalui aktivitas aerobik yang dilakukan. Rata-rata orang membakar kalori 600-1000 kalori dalam satu sesi zumba. Adanya interval dan intentitas musik serta jenis gerakan yang berbeda-beda, sehingga melibatkan pembakaran kalori dan lemak secara signifikan.

  1. Peningkatan Koordinasi Tubuh

Manfaat zumba untuk kesehatan lainnya ialah peningkatan koordinasi tubuh dengan cara mengingat gerakan yang harus dilakukan saat mendengarkan irama musik tertentu. Latihan koordinasi tubuh ini sangat penting, karena dengan seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kinerja koordinasi tubuh.

  1. Latihan Tubuh yang Maksimal

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, zumba memberikan latihan pada kinerja tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kepala, bahu, mengendurkan otot leher, mengencangkan tubuh bagian atas, mengatur pergerakan pergelangan kaki-tangan, serta mengencangkan otot dan persendian. (Baca juga: Inilah 5 Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel)

  1. Membangun Ketahanan Tubuh

Manfaat zumba untuk kesehatan ialah membangun ketahanan tubuh secara signifikan dengan cara yang menyenangkan. Latihan menggunakan musik dapat mempertahankan mood, sehingga membuat kamu merasa tidak seperti melakukan olahraga karena dilakukan dengan fun. Ketahanan tubuh termasuk mengembangkan sistem pernapasan lebih baik dengan meningkatkan asupan oksigen lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Latihan zumba dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui latihan rutin dan pengembangan postur tubuh yang lebih baik. Melalui latihan fisik serta koordinasi tubuh yang jauh lebih baik akan memberikan rasa percaya diri dengan penampilan yang segar dan bugar.

  1. Menghilangkan Stres

Sebagai latihan fisik atau olahraga yang dilakukan sambil mendengarkan musik, zumba sangat efektif menghilangkan stres. Gerakan yang cepat dan sangat spesifik dapat mendukung pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, memberikan efek bahagia, dan perasaan senang. (Baca juga: 5 Tips Mengecilkan Lengan Secara Alami)

  1. Manfaat Sosial

Di kelas zumba kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, sehingga dari sisi sosial dapat mengembangkan kepribadianmu dan mengenal berbagai jenis orang. Aktivitas zumba tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi juga pengembangan jiwa sosial dan lebih mudah memahami perbedaan orang yang satu dengan yang lainnya.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak manfaat zumba untuk kesehatan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.