4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Kehamilan yang sehat harus diciptakan oleh sang ibu untuk membuat pertumbuhan janin tetap sesuai patokan. Untuk mencapai hal tersebut, nutrisi untuk ibu hamil harus tercukupi dengan baik. Wanita hamil harus mencukupi sayur dan buah untuk mencukupi nutrisi tersebut.

Sesuatu yang dikonsumsi oleh sang ibu saat hamil adalah sumber makanan utama pada janin. Maka dari itu, untuk mencukupi nutrisi pada ibu hamil, coba untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran. Berikut ini beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil!

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Tidak Suka Makan Sayur

Sayuran yang Penting untuk Menjaga Nutrisi Ibu Hamil

Setiap ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang banyak karena makanan yang dikonsumsi juga dirasakan oleh bayi di dalam kandungan. Zat-zat yang penting, seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin juga banyak didapat dari makanan. Kandungan tersebut umumnya terdapat pada sayuran.

Nutrisi seorang ibu hamil terhadap sayuran yang harus dipenuhi setiap hari sekitar 250-500 gram. Hal ini dilakukan untuk menjaga janin tetap sehat dan pertumbuhannya normal. Berikut ini sayuran yang mempunyai manfaat baik dan kandungan yang menyehatkan untuk kamu dan bayi, yaitu:

  1. Bayam

Salah satu sayuran yang nutrisinya baik untuk ibu hamil adalah bayam. Sayur ini kaya kandungan folat sehingga baik untuk wanita yang mengandung. Folat penting untuk menjaga perkembangan janin tetap sehat. Selain itu, tercukupinya zat ini mencegah kerusakan pada tulang belakang dan otak. Ketahui pula bahwa vitamin A, C, dan K juga baik untuk kesehatan kandungan.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Kehamilan Trimester Pertama

  1. Tomat

Sayuran lainnya yang baik untuk menjaga nutrisi ibu hamil adalah tomat. Tomat kaya zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Makanan ini mengandung vitamin C yang sangat penting untuk tulang dan gigi anak. 

Jika kamu ingin mendengarkan saran lainnya dari ahlinya, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk meminimalisir kekhawatiran yang mungkin timbul saat masa kehamilan. Kamu dapat melakukan tanya jawab dengan dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone, ya!

  1. Brokoli

Brokoli mengandung zat-zat yang penting untuk menjaga nutrisi pada ibu hamil. Sayur ini kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Sayur ini kaya kandungan antioksidan yang menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko berat badan lahir rendah.

Agar nutrisi yang dihasilkan maksimal, kamu harus memotong sayur ini terlebih dahulu. Setelah itu, memasak brokoli juga tidak boleh lama untuk menjaga nutrisinya. Memang tidak semua orang menyukai brokoli, tetapi manfaatnya sangat signifikan bagi tubuh.

Baca juga: 4 Makanan Wajib Ibu Hamil di Trimester Pertama

  1. Ubi Jalar

Sayuran lainnya yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga nutrisi tubuhnya adalah ubi jalar. Makanan ini kaya kandungan beta-karoten, senyawa yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Hal ini dapat memaksimalkan pertumbuhan dan menjaga perkembangan janin tetap sehat.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat yang banyak. Hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lonjakan gula darah, meningkatkan kesehatan, dan kelancaran pencernaan. Begitu banyak manfaat dari satu makanan ini, maka kamu dapat memaksimalkannya.

 

Referensi:
Live Science.Diakses pada 2019.Pregnancy Diet & Nutrition: What to Eat, What Not to Eat
Healthline.Diakses pada 2019.13 Foods to Eat When You’re Pregnant