09 January 2019

4 Tips untuk Mencegah Angin Duduk

4 Tips untuk Mencegah Angin Duduk

Halodoc, Jakarta - Jika kamu merasa adanya tekanan di dada, mungkin kamu mengalami angin duduk atau angina. Kondisi ini dapat terasa seperti serangan jantung, tetapi lebih bisa dikategorikan sebagai peringatan dini. Nyeri pada dada terjadi karena tidak ada cukup darah yang mengalir ke bagian jantung. Angina sering dikaitkan dengan gejala penyakit jantung, dan ini terjadi ketika terdapat sesuatu menyumbat arteri atau ada penurunan aliran darah pada bagian arteri yang membawa darah kaya oksigen ke jantung.

Angin duduk bisa hilang dengan cepat. Namun, bisa juga menjadi gejala dari masalah jantung yang membahayakan jiwa. Angina berbeda dengan masuk angin, terutama pada rasa sakit yang muncul. Jika masuk angin ditandai dengan sakit pada perut bagian atas, angina terjadi saat muncul rasa sakit pada bagian dada.

Namun, ternyata angin duduk bisa dicegah. Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit angin duduk yang tepat?

  • Perhatikan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi risiko yang memicu terjadinya penyakit angin duduk. Tingginya tekanan darah menyebabkan aliran darah menjadi kurang lancar, serta terjadi penekanan pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini membuat pembuluh darah tersumbat dan rusak.

Jadi, apabila kamu memiliki riwayat hipertensi, sebaiknya rutin melakukan pengecekan tekanan darah, terlebih jika kamu sering merasa sakit pada dada. Jangan lupa, batasi konsumsi makanan yang tinggi garam, karena membuat penyakit hipertensi semakin buruk.

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kena Angin Duduk

  • Pola Hidup Sehat

Obesitas dapat menjadi pemicu seseorang mengalami angina. Hal ini disebabkan konsumsi makanan tinggi kalori yang berlebihan dan pola hidup yang tidak sehat. Jadi, mulai sekarang ubah pola hidup dan pola makan. Hindari makanan tinggi lemak dan karbohidrat, rutin berolahraga, dan jaga asupan cairan harian dengan mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh. Jangan lupa, hindari begadang karena bisa berpengaruh pada pola makan.

  • Batasi Makanan Tinggi Kolesterol

Mencegah penyakit angin duduk bisa dilakukan dengan membatasi makanan yang tinggi kandungan kolesterolnya. Bukan tanpa alasan, makanan kaya kolesterol memicu timbulnya plak yang membuat aliran darah tersumbat jika terjadi penimbunan. Aliran darah yang tidak lancar menjadi penyebab terjadinya angina yang paling sering dijumpai.

Sebagai pengganti, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat untuk tubuh, seperti sayur dan buah, bijian, ikan, susu dan daging bebas lemak. Semua makanan ini mengandung nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Baca juga: Angin Duduk Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, Mitos atau Fakta?

  • Jauhi Rokok dan Alkohol

Jika kamu hobi merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut sekarang juga. Sama halnya dengan kolesterol, rokok dan alkohol menyebabkan timbunan plak yang berdampak pada terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh, terutama jantung. Belum lagi dengan kandungan berbahaya lainnya pada rokok dan alkohol yang tidak pernah baik untuk tubuh.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Angin Duduk

Nah, itu tadi beberapa tips mencegah penyakit angin duduk atau angina yang bisa kamu coba di rumah. Supaya lebih maksimal dalam pencegahannya, tanyakan apa yang tidak kamu ketahui tentang penyakit ini pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download dan pakai aplikasi Halodoc sekarang juga!