• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Bahan Alami Bantu Kurangi Gejala Penyakit Lupus

5 Bahan Alami Bantu Kurangi Gejala Penyakit Lupus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Bahan Alami Bantu Kurangi Gejala Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang bertahan seumur hidup, alias tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, gejala lupus yang sering kambuh bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Selain obat, beberapa bahan alami dipercaya juga bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit lupus.

Halodoc, Jakarta – Lupus adalah penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Penyakit ini menyebabkan peradangan terus-menerus yang bisa memengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda, termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Bila kamu mengidap lupus, kamu mungkin akan mengalami gejala berupa nyeri sendi, sensitivitas kulit dan ruam, demam, serta masalah dengan organ dalam. Sayangnya, lupus tidak bisa disembuhkan. Banyak gejala mungkin akan datang dan pergi secara bertahap, atau sering disebut flare-up. Namun, obat-obatan bisa membantu mengelola penyakit tersebut agar kondisi pengidap bisa membaik. Selain obat-obatan, ada beberapa bahan alami yang juga bisa membantu mengurangi gejala lupus. Berikut ulasannya.

Baca juga: 10 Gejala Lupus pada Wanita yang Perlu Diketahui

Bahan Alami yang Bisa Mengurangi Gejala Penyakit Lupus

Gejala penyakit lupus bisa muncul sewaktu-waktu. Kadang-kadang, gejalanya mungkin ringan atau tidak terasa. Namun, di lain waktu, kamu bisa mengalami gejala parah yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi pengidap lupus untuk mengambil pengobatan yang diresepkan oleh dokter secara rutin. 

Mengonsumsi bahan-bahan alami berikut ini juga bisa membantu mengurangi gejala lupus:

  1. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif yang terdapat dalam kunyit, terbukti efektif untuk mengobati penyakit autoimun seperti lupus. Karena itu, bagi kamu yang mengidap lupus, kamu bisa memasukkan rempah-rempah ini ke dalam menu makan harian kamu. Misalnya, kamu bisa membuat susu kunyit. Caranya, kamu cukup menambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam secangkir susu, lalu panaskan. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih enak.

Namun, kunyit tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang punya masalah kandung empedu. Jadi, tanyakan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi kunyit untuk mengobati penyakit lupus.

  1. Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai obat herbal yang ampuh untuk sejumlah kondisi kesehatan, termasuk penyakit lupus. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada persendian yang sering dialami pengidap lupus. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara menambahkannya ke dalam berbagai minuman, seperti membuat teh jahe, susu jahe, wedang jahe, dan lain-lain.

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

  1. Cuka Sari Apel

Menurut para praktisi kesehatan, pengidap lupus mengalami kekurangan asam klorida, dan salah satu cara untuk menambahkan asam tersebut ke dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi cuka sari apel. Bahan alami ini bisa meningkatkan produksi asam klorida dalam tubuh. Cuka sari apel juga bisa membantu detoksifikasi dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Kamu bisa membuat minuman dari cuka sari apel untuk mendapatkan manfaat tersebut. Caranya, tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke segelas air hangat, lalu peras setengah buah lemon ke dalamnya. Minumlah minuman tersebut tiga kali sehari, 20 menit sebelum makan.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu jenis minyak yang paling sehat. Bahan alami ini bisa membantu pengidap lupus untuk menyeimbangkan respons negatif dari sistem kekebalan tubuh mereka. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain, antara lain mengendalikan kolesterol, gula darah, dan meningkatkan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa tersebut, kamu bisa mengolah minyak kelapa murni menjadi minuman atau menggunakannya untuk memasak. Namun, perhatikan porsinya.

  1. Teh Hijau

Salah satu teh tersehat di dunia ini juga bisa meringankan gejala lupus. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak teh hijau yang diberikan kepada pengidap lupus selama 12 minggu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala lupus.

Baca juga: Mengidap Lupus, Ini Pola Gaya Hidup yang dapat Dilakukan

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengurangi gejala penyakit lupus. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mengendalikan gejala lupus atau gaya hidup sehat untuk memperbaiki lupus, tanyakan saja langsung pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan pada dokter terpercaya dari Halodoc kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Lupus (Systemic Lupus Erythematosus).
NDTV. Diakses pada 2021. Living With Lupus: 8 Best Home Remedies For Lupus.